Membeludak, RSUD Chasbullah Bekasi Mulai Dirikan Tenda IGD

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Bilal Ramadhan

Tenda-tenda milik BNPB mulai didirikan di depan IGD RSUD Chasbullah Abdulmadjid, Kota Bekasi pada Selasa malam, (22/6).
Tenda-tenda milik BNPB mulai didirikan di depan IGD RSUD Chasbullah Abdulmadjid, Kota Bekasi pada Selasa malam, (22/6). | Foto: dok. Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pasien Covid-19 di Kota Bekasi semakin melonjak. Akibatnya, terjadi penumpukan di sejumlah rumah sakit, seperti yang terjadi di RSUD tipe B Chasbullah Abdulmadjid, Kota Bekasi.

Direktur Utama RSUD Chasbullah Abdulmadjid, dr Kusnanto, membenarkan pendirian tenda milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) karena terjadi penumpukan pasien Covid-19.

"Supaya pelayanan tetap berjalan dan bisa menampung lebih banyak kita buat tenda triase ya di depan IGD," kata Kusnanto, saat dikonfirmasi, Selasa (22/6).

Dia mengatakan, tenda itu nantinya digunakan sebagai ruang tunggu pasien yang belum melakukan tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR). "Yang sudah ada PCR diskrining kita masukkan ruangan, ketika tidak ada ruangan, paling tidak menunggu di ruangan IGD yang sekarang ada," jelas dia.

Kusnanto mengatakan, saat ini kondisi Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit sudah begitu penuh. Hal ini tentu membuat kondisinya menjadi tidak nyaman. "Di dalam IGD sudah begitu penuh. Pasti tidak semua nyaman. Bukan hanya pasien, tapi juga petugas juga sudah kewalahan," terangnya.

Selain mendirikan tenda di depan IGD, pihak RSUD bersama Armed 202 dan BNPB segera menyediakan tenda yang akan diisi oleh tempat tidur tentara. "Kita kerja sama dengan Armed 202 dan BNPB menyediakan ruangan, tempat tidur untuk tentara. Jumlahnya sekitar 20 bed," pungkas Kusnanto.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


PSE Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Diimbau Daftar ke Kominfo

FK Uhamka Jadi Sentra Vaksinasi

Vaksin Tetanus-Difteri Beri Perlindungan terhadap Covid-19?

IDI Khawatir dengan Fasilitas Kesehatan yang Kian Kewalahan

Covid-19 Melonjak, Sekolah Tatap Muka Indramayu Bakal Mundur

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image