RSHS Beri Penjelasan Foto Pasien Covid-19 Menumpuk di IGD

Red: Muhammad Fakhruddin

RSHS Beri Penjelasan Foto Pasien Covid-19 Menumpuk di IGD (ilustrasi).
RSHS Beri Penjelasan Foto Pasien Covid-19 Menumpuk di IGD (ilustrasi). | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung memberikan penjelasan terkait beredarnya foto belasan pasien Covid-19 di instalasi gawat darurat (IGD) yang menumpuk hingga harus menunggu di area selasar. Foto tersebut diunggah oleh salah satu akun hari ini, Kamis (24/6) dan mendapat respon dari warganet.

"Kami sampaikan foto itu memang betul kondisi di RSHS tiga hari lalu saat terjadi peningkatan kedatangan pasien saat bersamaan itu sampai kedatangan 50 orang lebih dan ditambah lainnya Itu hampir ada 70-an," ujar dr Yana Akhmad Supriatna Plh Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS, Kamis (24/6).

Ia menuturkan, pelayanan terhadap pasien akhirnya bergeser ke area lobi atau selasar IGD. Petugas turut memeriksa dan melakukan observasi kepada pasien sebelum direlokasi ke ruang isolasi.

"Namun tentu foto itu bukan dari kami dalam arti pegawai kami atau izin dari kami. Itu ada hak privasi dari pasien, mudah-mudahan ini tidak sembarangan orang walaupun memungkinkan untuk memfoto tapi harus ada izin," katanya.

Yana menambahkan, saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSHS mencapai 197 orang pasien menurun dari sebelumnya yang mencapai 200 orang pasien lebih. Pasien yang dirawat terdiri dari 155 orang di ruang isolasi non ICU dan 42 orang di ruang isolasi intensif.

"Karena sudah ada beberapa kapasitas yang ditingkatkan, BOR-nya sedikit menurun 87 persen untuk ICU dan 67 persen isolasi non icu. Penurunan ini karena sudah ada peningkatan kapasitas tempat tidur kami, asalnya 224 meningkat jadi 50 menjadi 281 yang sebelumnya meningkat 231," ungkapnya.

Ia memperkirakan lonjakan kasus Covid-19 masih akan meningkat. Oleh karena itu pihaknya akan terus menambah kapasitas tempat tidur. "Sebelum lebaran, (kasus) harian sekitar 6, 7, dam 8 atau paling tinggi 11 orang. Seekarang sudah mulai ke 50an lebih harian itu sudah beberapa kali lipat," katanya.

Pihaknya ke depan akan menambah tempat tidur di ruang isolasi ICU atau intensif sebanyak 5 unit dari total 48 unit yang sudah ada. Selain itu, pihaknya akan menambah tempat tidur di ruang isolasi non ICU. "Tentu penurunan BOR bukan karena penurunan kasus tapi berusaha meningkatkan kapasitas tempat tidur," katanya.

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


171 Nakes di RSHS Terpapar Covid-19 di Bulan Juni

RSHS Tambah Tempat Tidur Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19

21 Pejabat Publik Jabar akan Disuntik Vaksin di RSHS

Akibat Covid-19, Ketua DPRD Bandung Dirujuk ke RSHS

Menkes Sambang RSUP Hasan Sadikin Bandung

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image