Cianjur Izinkan Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Zona Aman

Red: Muhammad Fakhruddin

Cianjur Izinkan Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Zona Aman (ilustrasi).
Cianjur Izinkan Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Zona Aman (ilustrasi). | Foto: Republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR -- Pemerintah Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat mengizinkan pelaksanaan Shalat Idul Adha di masjid-masjid yang berada di zona aman COVID-19, termasuk daerah tanpa kasus infeksi virus corona dan daerah dengan risiko penularan virus rendah.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan tidak semua wilayah di Cianjuroranye karena banyak yang sudah hijau dan kuning, sehingga untuk wilayah yang sudah aman dapat menggelar Shalat Idul Adha di masjid dengan prokes ketat

Ia menjelaskan, meski Kabupaten Cianjur secara keseluruhan berada di zona oranye atau zona risiko penularan sedang namun ada bagian-bagian dari wilayah kabupaten yang sudah rendah risiko penularan virus coronanya. "Kasihan RT atau RW yang zona hijau atau kuning dilarang melaksanakan Shalat Id. Peniadaan Shalat Id hanya berlaku untuk RT atau RW yang berstatus zona merah dan oranye saja," katanya, Senin (28/6).

Ia mengatakan bahwa pemerintah kabupaten akan memantau kondisi penularan COVID-19 serta melakukan penilaian risiko penularan penyakit sebelum mengeluarkan izin pelaksanaan Shalat Idul Adhadi wilayah tertentu ."Kebijakannya sesuai dengan penerapan PPKM Mikro, dimana penilaian didasarkan pada penyebaran di tingkat bawah, namun kita tetap mengikuti arahan pusat, tapi kebijakannya disesuaikan dengan kondisi di tingkatan paling bawah," katanya.

Kementerian Agama sudah mengeluarkan surat edaran mengenai pelaksanaan Shalat Idul Adhadan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M.Menurut surat edaran dari Kementerian Agama, Shalat Idul Adhahanya boleh diadakan di masjid atau lapangan di daerah yang berada di luar zona merah dan oranye, zona risiko penularan tinggi dan sedang.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Jelang Idul Adha, Polisi Bagikan Kiat Cegah Pencurian Ternak

Gubernur Babel Dukung Komunitas Juru Sembelih Halal

Berniat Qurban dan Aqiqah Sekaligus, Bolehkah?

Mendag Pastikan Stok Pangan Idul Adha Aman

Idul Adha di Perak Dilakukan dengan Protokol Kesehatan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image