Jokowi: Ada yang Ngomong Saya Ini Bapak Bipang

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). | Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganggap, kritik yang dilayangkan mahasiswa kepada dirinya belakangan ini, merupakan sebuah hal yang biasa pada era demokrasi. Kritikan disebut Jokowi, sebagai bentuk ekspresi mahasiswa.

"Ya, itu kan sudah sejak lama, ya. Dulu ada yang bilang saya ini klemar-klemer, ada yang bilang juga saya itu plonga-plongo, kemudian ganti lagi ada yang bilang saya ini otoriter," kata Jokowi dalam sesi wawancara di Istana Merdeka, Jakarta, yang ditayangkan lewat kanal Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa (29/6).

"Kemudian ada juga yang ngomong saya ini 'bebek lumpuh' dan baru-baru ini, saya ini bapak bipang, dan terakhir ada yang menyampaikan the king of lip service," kata Jokowi menambahkan.

Bipang merujuk babi panggang, yaitu oleh-oleh makanan khas yang digemari suku Daya, yang pernah diucapkan Jokowi dalam salah satu pidatonya pada Mei 2021. Jokowi mengajak masyarakat yang libur Lebaran, salah satunya membeli bipang Ambawang asal Kalimantan Barat.

Jokowi melanjutkan, kritikan adalah bentuk ekspresi mahasiswa. Dia menyebut, di negara demokrasi hal tersebut boleh dilakukan. "Saya kira ini bentuk ekspresi mahasiswa dan ini negara demokrasi. Jadi, kritik itu, ya, boleh-boleh saja dan universitas tidak perlu menghalangi mahasiswa untuk berekspresi," kata Jokowi.

Meski demikian, Jokowi mengingatkan, bangsa Indonesia memiliki budaya tata krama dan kesopansantunan. "Tapi ingat kita ini memiliki budaya tata krama, memiliki budaya kesopansantunan. Ya, saya kira biasa saja, mungkin mereka sedang belajar mengekspresiakan pendapat," ucap Jokowi.

"Tapi yang saat ini penting kita semuanya memang bersama-sama fokus untuk penanganan pandemi Covid-19," kata ayah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka itu menegaskan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Curhat Jokowi, Disebut Plonga-plongo Sampai Bapak Bipang

Kemendikbudristek: UI tidak akan Sanksi BEM UI

Pemerintah Segera Lakukan Vaksinasi Covid untuk Anak

Kontras Minta Polri Usut Tuntas Peretasan Fungsionaris BEM

Kesepakatan Kedua Caketum di Munas Kadin 2021 Diapresiasi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image