Selasa 29 Jun 2021 19:19 WIB

Kapolda Jabar Apresiasi Vaksinasi Massal Covid-19 di Cirebon

Di Jabar, terdapat 487 gerai yang melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kapolda Jabar Apresiasi Vaksinasi Massal Covid-19 di Cirebon (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Kapolda Jabar Apresiasi Vaksinasi Massal Covid-19 di Cirebon (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Antusiasme warga untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di Kota Cirebon dinilai cukup tinggi. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal juga tidak mengabaikan protokol kesehatan (prokes).

Hal itu diungkapkan Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal bertajuk Sinergi Program Vaksinasi Cirebon Sehati, Ekonomi Bangkit, di Markas Batalyon Arhanud 14/PWY, Selasa (29/6). ‘’Antusiasme masyarakat cukup besar. Bahkan bukan hanya warga dari  Kota Cirebon namun juga warga dari Kabupaten Cirebon,’’ kata Dofiri.

Tanpa mengenal sekat wilayah, warga dari kedua daerah tersebut mendapatkan vaksin Covid-19 di tempat tersebut.

Sekalipun antusiasme masyarakat tinggi, Dofiri menilai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 juga tidak mengabaikan prokes.  Dia menyebutkan, di lokasi tersebut telah dibuat sekat-sekat bagi warga yang siap divaksin maupun yang sedang menunggu giliran untuk divaksin. ‘’Tempatnya sudah ideal, terbuka dan nyaman. Prokes sangat diperhatikan,’’ tukas Dofiri.

Dofiri mengungkapkan, vaksinasi massal merupakan bagian dari 1 juta vaksin per hari yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Di Jabar, terdapat 487 gerai yang melaksanakan vaksinasi Covid-19, salah satunya di Kota Cirebon, yang dipusatkan di markas Batalyon Arhanud 14/PWY. ‘’Target hari ini 110 ribu vaksin di Jabar. Semoga ini bisa tercapai,’’ kata Dofiri.

Melalui vaksinasi massal Covid-19, Dofiri berharap agar herd immunity atau kekebalan kelompok segera terbentuk. Kekebalan itu sangat penting untuk bisa keluar dari pandemic Covid-19. ‘’Sekalipun sudah vaksin, prokes 5M tetap harus dijalankan,’’ tegas Dofiri.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, menjelaskan, vaksinasi  massal Covid-19 di Kota Cirebon bisa berjalan dengan baik berkat kerja sama antara Pemda Kota Cirebon, TNI dan Polri. ‘’Sinergi yang baik ini untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,’’ tukas Azis.

Kedepannya, Azis berharap sinergi yang baik itu bisa terus dilakukan. Terutama untuk meningkatkan vaksinasi Covid-19 kepada warga Kota Cirebon.

‘’Tapi, walau sudah mendapatkan vaksin, jangan lupa tetap terapkan prokes 5M,’’ tegas Azis. Yaitu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement