Kamis 01 Jul 2021 23:07 WIB

HUT Bhayangkara, Kapolri Beberkan Capaian Kinerja Polri

Kapolri beberkan pencapaian kinerja Polri saat HUT Bhayangkara.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bayu Hermawan
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo
Foto: Prayogi/Republika.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan capai Polri pada peringatan HUT Bhayangkara ke-75 pada Kamis (1/7). Salah satunya, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri pada tahun ini meningkat dibandingkan sebelumnya.

"Syukur Alhamdullilah, hasilnya sangat memberikan energi dan semangat untuk terus berubah menjadi lebih baik karena terjadi peningkatan kepercayaan terhadap Polri," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/7).

Baca Juga

Hasil capaian yang baik tersebut, kata Sigit, didasarkan pada hasil survei yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga survei nasional yang kredibel pada tahun 2021. Dalam lembaga survei Alvara Strategi Indonesia, tingkat kepercayaan Polri sebesar 86,5 persen meningkat dari tahun sebelumnya, yakni survei dari Litbang Kompas sebesar 70,8 persen.

"Sedangkan dari tingkat kepuasan terhadap Polri sebesar 82,3 peraen meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu survei dari Alvara Strategi Indonesia sebesar 78,8 persen," ujar Sigit.

 

Dalam lembaga Charta Politika Indonesia, lanjut Sigit, Polri menduduki peringkat ketiga sebagai lembaga tinggi negara berkinerja paling baik. Sementara pada tahun 2018 sampai 2019 Polri menduduki peringkat keempat. Kemudian peringkat pertama sebagai lembaga penegak hukum berkinerja paling baik. Ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu peringkat ketiga.

"Menurut Cyrus Network, Polri menduduki peringkat pertama sebagai lembaga penegak hukum yang dipercaya publik mendapatkan nilai sebesar 86,2 persen meningkat dari tahun sebelumnya, survei dari Litbang Kompas sebesar 70,8 persen," Sigit menambahkan.

Masih kata Sigit, dalam Litbang Polri, terjadi peningkatan Indeks Kepercayaan Masyarakat (IKM) terhadap Polri di tahun 2021 menjadi 83,14 persen yang merupakan IKM tertinggi sejak tahun 2015. Peningkatan kepuasan terhadap kinerja dan kepercayaan terhadap Polri ini merupakan kerja keras dari seluruh anggota Polri. 

"Hal ini harus kita syukuri bersama dan mendorong Polri untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Sigit.

Disamping itu, Sigit menegaskan capaian Polri selama ini bukan merupakan tujuan akhir. Tapi, kata dia, pondasi awal dalam keberlanjutan program transformasi menuju Polri yang Presisi. Karena itu, kedepanya, Polri kita akan terus konsisten dan meningkatkan capaian kinerja agar mampu mengubah potret Polri sesuai dengan harapan masyarakat.

"Yaitu menjadi Polri yang dekat dengan masyarakat, sekaligus untuk menjawab perkembangan lingkungan strategis yang semakin cepat dan tidak menentu," terang mantan Kabareskrim Polri tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement