Pedagang Diminta Libur Jualan Jika Ogah DIvaksin

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih

Pedagang menyortir cabai rawit di pasar. ilustrasi
Pedagang menyortir cabai rawit di pasar. ilustrasi | Foto: ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN – Pemkab Kuningan terus menggenjot vaksinasi Covid-19 kepada pedagang pasar tradisional. Tindakan tegas pun akan dilakukan jika pedagang enggan disuntik vaksin.

Hal itu diungkapkan Bupati Kuningan, Acep Purnama, saat melakukan pengarahan dan monitoring pelaksanaan Gelar Vaksin Covid-19 Massal bagi Pedagang Pasar Baru, Pasar Kepuh dan Pasar Rakyat Langlangbuana, di Lantai 2 Kantor Pasar Baru Kuningan, Senin (12/7).

Baca Juga

Acep menyatakan, tindakan tegas yang akan dilakukan yakni dengan cara mengurangi jam operasional di pasar. Tindakan tegas itu dilakukan demi melindungi para pedagang dari paparan Covid-19.

‘’Kegiatan transaksi untuk sementara diliburkan atau dikurangi jam opersionalnya apabila (pedagang) masih enggan untuk divaksin,’’ tegas Acep.

Acep pun mengajak para pedangang, untuk datang mengikuti vaksinisasi. Dia meminta agar mereka tidak termakan hasutan atau isu yang tidak bertanggung jawab seputar vaksin.  

‘’Saya menghimbau dan mengajak kepada semuanya yang belum divaksin, ayo datang mengikuti vaksinisasi. Insya Allah vaksin ini aman, jangan terkena hasutan isu-isu yang tidak bertanggung jawab,’’ ucap Acep.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan, U Kusmana, menyampaikan, program vaksinasi massal di lingkungan pasar tradisional di Kabupaten Kuningan menargetkan 400 pedagang dalam sehari. Menurutnya, vaksinasi massal tersebut menyasar tiga pasar tradisional, yakni Pasar Baru, Pasar Kepuh dan Pasar Rakyat Langlangbuana.

‘’Untuk hari pertama ini, kita menyasar Pasar Baru dan Pasar Langlangbuana, targetnya 400 orang pedagang. Mudah-mudahan bisa tercapai karena memang masyarakat sulit untuk diajak vaksin dengan berbagai alasan,’’ kata Kusmana.

Kusmana berharap agar semua pedagang di pasar tradisional ikut serta dalam kegiatan vaksinasi Covid-19. Pasalnya, vaksinasi itu sebagai upaya bersama dalam melawan pandemi Covid-19. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Varian Baru Dikhawatirkan Mudah Menyebar di Hotel Karantina

Dosis Penguat Berpotensi Bawa Efek Samping Lebih Serius

Tolak Vaksin Covid-19, Rob Schneider Tuai Kritikan

Italia Setujui Antibodi GSK-Vir untuk Pengobatan Covid-19

Karpet Coating Disinfektan Ini Dirancang Hadapi Pandemi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image