Depok Siagakan 60 Petugas Pemulasaraan dan Delapan Ambulans

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andri Saubani

Petugas memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 di lokasi pemakaman COVID-19 TPU Pasir Putih, Depok, Jawa Barat.
Petugas memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 di lokasi pemakaman COVID-19 TPU Pasir Putih, Depok, Jawa Barat. | Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah merekrut 60 petugas tim pemulasaraan jenazah Covid-19  untuk melayani warga yang meninggal saat isolasi mandiri (isoman) di rumah. Tim pemulasaraan ini tersebar di 11 kecamatan, dengan jumlah relawan sebanyak 60 orang.

"Tim pemulasaraan jenazah ada di setiap kecamatan dan bisa diakses oleh warga. Layanan ini juga tidak dipungut biaya atau gratis," ujar Juru bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana di Balai Kota Depok, Kamis (15/7).

Menurut Dadang, delapan ambulans juga disiagakan untuk malayani masyarakat yang membutuhkan. Di antaranya, satu unit milik Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, dua unit milik Brimob, dua unit milik UPTD Pemakaman, dan tiga unit milik relawan Cimanggis, Cilodong, dan Tapos.

"Sedangkan ketersediaan peti jenazah saat ini masih mencukupi. Adapun jumlahnya pada hari ini sebanyak 63 peti," terangnya.

Ia menambahkan, bagi warga yang membutuhkan  bantuan tim pemulasaraan jenazah bisa langsung menghubungi Satgas Kecamatan dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

"Sebagai informasi, untuk contact person penanganan Covid19 di Kota Depok sendiri, pada tiap-tiap kecamatan sudah ditempatkan tim pengawas yang dipimpin oleh para Kepala Perangkat Daerah (PD) yang ditunjuk, dengan nomor kontak yang sudah dipublikasikan," tutup Dadang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Legislator Sayangkan Telatnya Pencairan Bansos Tunai

Sebanyak 11 KK Rusunawa Menteng Terpapar Covid-19

Polisi Telusuri Motif Ajakan Berhenti Unggah Berita COVID-19

Tangerang Ubah Mobil Operasional Jadi Layanan Angkut Jenazah

Epidemiolog Minta Luhut Transparan Soal Data 

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image