Jumat 16 Jul 2021 15:27 WIB

Bantu Warga Isoman, Pemkot Sukabumi Kirim 900 Paket Sembako

Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian bagi pasien Covid-19.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Bantu Warga Isoman, Pemkot Sukabumi Kirim 900 Paket Sembako (ilustrasi).
Foto: istimewa
Bantu Warga Isoman, Pemkot Sukabumi Kirim 900 Paket Sembako (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Dinas Sosial Kota Sukabumi menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman). Harapannya bantuan ini dapat membantu warga yang isoman agar segera sembuh dari Covid-19.

Penyaluran sembako berjumlah 900 paket tersebut mulai dilakukan ke tujuh kecamatan pada Rabu (14/7) lalu. Kasi Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi Herman mengatakan, bantuan ini merupakan kebijakan Pemerintah Kota Sukabumi.

''Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian bagi pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri,'' kata Herman, Jumat (16/7). Adapun total paket sembako yang disalurkan sebanyak 900 paket sembako.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, Dinas Sosial didampingi oleh relawan Tanggap Siaga Bencana (Tagana) Kota Sukabumi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bantuan dari Pemerintah Kota Sukabumi mengharapkan para pasien Covid-19 dapat segera membaik dan sembuh. Selain itu berharap angka kasus Covid–19 di Kota Sukabumi terus menurun.

Sebelumnya, hal serupa dilakukan Karang Taruna Kota Sukabumi yang menggagas relawan PPKM darurat untuk membantu warga yang isoman baik makanan, obat, vitamin dan fasilitasi kegawatdaruratan. '' Karang Taruna dalam menghadapi PPKM darurat telah membentuk satuan tugas relawan PPKM darurat,'' ujar Ketua Karang Taruna Kota Sukabumi Raden Koesoemo Hutaripto atau sering disapa Kang Ari kepada Republika.

Tujuannya lebih khusus membantu warga terdampak atau terkena Covid yang menjalani isoman di rumah karena tidak dapat pelayanan di rumah sakit.

Relawan ini kata Ari, akan melakukan monitoring kebutuhan warga yang isoman. Intinya peran mereka lebih kepada fasilitator dalam memperlancar tugas tenaga kesehatan atau petugas homecare di lapangan.

Misalnya ungkap Ari, ketika pasien isoman membutuhkan obat, vitamin, makanan dan kegawatdarutatan untuk dibawa ke rumah sakit. Selain itu Karang taruna juga membuka call center untuk warga yang membutuhkan bantuan yakni 0856 5961 6000.

Keberadaan relawan dan call center ini ungkap Ari sebagai upaya karang taruna menjadi jembatan atau memperlancar kebutuhan warga yang isoman. Targetnya warga yang isoman dapat terbantu dan bisa segera sembuh atau sehat kembali setelah menjalani isoman di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement