Selasa 20 Jul 2021 11:45 WIB

Dokter Reisa tak Sarankan Bawa Anak Keluar Saat Ini

‘Laju penularan sekarang lagi tinggi-tingginya. Jadi, jangan dibawa keluar.’

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter yang menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Reisa Broto Asmoro tak menyarankan Anda membawa anak keluar rumah pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat saat ini. Bahkan, ia menyarankan, tidak membawa anak untuk keperluan belanja sekalipun. 

"Sebenarnya tidak disarankan double masker untuk anak. Belanja saja jangan diajak anaknya. Laju penularan sekarang lagi tinggi-tingginya. Jadi, jangan dibawa keluar. Tetap di rumah saja," kata dia dalam sebuah webinar kesehatan, dikutip Selasa (20/7).

Baca Juga

Bahkan, vaksinasi rutin saat PPKM Darurat ini tidak disarankan. Reisa seperti para dokter di Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan orang tua menunda dulu vaksinasi anak mereka.

"Tunda sampai laju penularannya turun baru nanti kita pertimbangkan melanjutkan vaksin yang harus dipenuhi," ujar Duta Adaptasi Kebiasaan Baru itu.

Reisa mengatakan, jika anak bosan di dalam rumah, orang tua bisa mengajaknya ke tempat luar ruang yang tidak ada orang di sana. Tetaplah kenakan masker pada anak, tetapi tak perlu sampai double masker.

"Kalau bosan, diajak ke tempat yang memang kosong, tidak ada orang, outdoor activity, hanya ada keluarga. Masih bisa dengan satu masker saja," tutur dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement