Berbagai Acara Warnai Perayaan Wisuda Juli ITB

Red: Irfan Fitrat

Perayaan Wisuda Juli ITB 2021.
Perayaan Wisuda Juli ITB 2021. | Foto: DOK PANITIA PERAYAAN WISUDA JULI ITB 2021

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Institut Teknologi Bandung (ITB) mewisuda 1.901 mahasiswa pada Wisuda Ketiga Tahun Akademik 2020/2021, Juli ini. Berbagai kegiatan digelar untuk merayakan kelulusan dan mengapresiasi para wisudawan.

Lantaran masih dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan yang diberi tajuk “Perayaan Wisuda Juli ITB 2021” itu mesti digelar secara daring. Meski demikian, kegiatan disebut tetap meriah dan memberikan kesan tersendiri. “Perayaan Wisuda Juli ITB 2021 membuktikan bahwa situasi pandemi tidak menjadi halangan untuk mengapresiasi wisudawan. Ada banyak cara untuk menyampaikan apresiasi di masa pandemi,” ujar Ketua Panitia Perayaan Wisuda Juli ITB 2021, Elfrieda Azaria Zahra, lewat keterangan resminya, Sabtu (24/7).

Rangkaian Perayaan Wisuda Juli ITB ini dilaksanakan pada 3-18 Juli 2021. Salah satu agendanya adalah Taman Ekspresi. Elfrieda menjelaskan, nama itu diambil dari tema perayaan wisuda kali ini, “Metamorphose to Find the Path to The Blossom”. Taman Ekspresi ini menjadi wadah penyampaian aspirasi. Sekaligus juga menjadi media apresiasi bagi para wisudawan. “Acara ini diikuti tidak hanya oleh wisudawan, tetapi juga mahasiswa yang ingin memberikan apresiasi kepada para wisudawan,” kata dia.

Ada empat belas apresiasi yang disampaikan dalam berbagai bentuk karya, seperti puisi, video, serta orasi. Salah satunya dari Clief Matulessy. “Kampus gajah tercinta menitip salam padamu wahai pejuang toga. Kalian sungguh hebat, katanya,” ujar Clief.

Sebagai bentuk rasa syukur atas kelulusan para wisudawan, serta untuk menumbuhkan semangat berbagi, perayaan wisuda kali ini diisi dengan kegiatan konser amal. Konser ini dimeriahkan Mark Natama, mahasiswa ITB yang merupakan runner-up Indonesian Idol musim 11. Ada juga penampilan dari ITB Jazz, Apres! ITB, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB, Frameover, dan Barter dari ITB. Duo folk/pop akustik asal Bandung, Rasukma, juga ikut memeriahkan konser ini.

Menurut Elfrieda, konser amal ini dilihat sekitar 8.067 penonton. Dari kegiatan ini bisa terkumpul donasi mencapai Rp 6.200.215. “Seluruhnya disalurkan kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia,” ujarnya.

Pada Perayaan Wisuda Juli ITB ini juga digelar kegiatan bertajuk “Wisshare”, yang menjadi wadah untuk berbagi antara wisudawan dengan alumnnus ITB. Dengan harapan kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi para wisudawan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Agenda ini digelar tiga kali, di mana dua di antaranya diisi narasumber wisudawan ITB yang sukses pada bidang keorganisasian.

Adapun Wisshare ketiga mengundang Suryo Sasono, alumnus Teknik Industri ITB, yang saat ini merupakan VP of Human Resource and Chief of Staff to CEO di Bukalapak. Dalam kesempatan itu, Suryo menekankan soal pentingnya mencari informasi dan relasi terkait lowongan pekerjaan yang diinginkan, agar dapat bekerja dengan baik.

Selain berbagai acara itu, masih ada agenda Wiscinema, yaitu acara nonton bareng film-film pendek karya sineas Indonesia bersama mahasiswa ITB. Puncak acara Perayaan Wisuda Juli ITB 2021 ini adalah arak-arakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Acara arak-arakan ini melibatkan 37 HMJ. Pada acara yang ditayangkan secara langsung lewat Youtube itu, setiap HMJ dibagi ke dalam beberapa ruang Zoom, yang kemudian digunakan sebagai wadah untuk mengungkapkan apresiasi kepada wisudawan.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


35 Program Pengabdian Masyarakat ITB untuk Pemulihan Ekonomi

Sam Bimbo Dapat Anugerah Doktor Kehormatan dari ITB

Saat Perguruan Tinggi di Indonesia Ketinggalan Kereta

ITB Terima Bantuan Dana Pendidikan Rp 450 Juta

ITB Gratiskan Uang Kuliah untuk Mahasiswa Kurang Mampu

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image