TNI AU Targetkan 4.000 Orang Ikut Vaksinasi Massal

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani

Sejumlah anggota TNI menjalani tahap verifikasi dan pemeriksaan kesehatan sebelum disuntik vaksin Covid-19 di Perawatan Umum Lanud Husein Sastranegara, Kota Bandung
Sejumlah anggota TNI menjalani tahap verifikasi dan pemeriksaan kesehatan sebelum disuntik vaksin Covid-19 di Perawatan Umum Lanud Husein Sastranegara, Kota Bandung | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - TNI Angkatan Udara menggelar vaksinasi massal di Hanggar Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara, Kota Bandung sejak Senin (26/7) hingga Selasa (27/7). Vaksinasi menargetkan 4.000 orang yang berasal dari wilayah Bandung Raya. Jenis vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat yaitu vaksin sinovac.

Kegiatan vaksinasi massal langsung dipantau oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo. Para peserta yang akan vaksinasi terlebih dahulu mengikuti beberapa tahapan yaitu pendaftaran ulang, pemeriksaan kesehatan, penyuntikan hingga observasi.

"Vaksinasi di Lanud Husein menargetkan 4 ribu dosis vaksin dalam dua hari," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Indan Gilang Buldansyah, Senin (26/7).

Ia mengatakan, pihaknya melibatkan 10 tim tenaga kesehatan. Termasuk 80 tenaga kesehatan yang berasal dari rumah sakit Salamun dan Sulaiman dalam proses vaksinasi.

Kadispen melanjutkan, para peserta yang sudah vaksinasi diberi sembako. Penyaluran sembako diharapkan dapat membantu masyarakat akibat terkena dampak pandemi Covid-19.

Ia menambahkan, kegiatan vaksinasi massal dilaksanakan atas instruksi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mempercepat program vaksinasi massal. Dengan harapan terbentuk kekebalan komunitas atau herd immunity di masa pandemi.

Pihaknya sebelumnya sejak beberapa waktu lalu sudah melakukan kegiatan vaksinasi massal di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma. Total yang telah divaksin oleh jajaran TNI AU sebanyak 220.827 dosis pertama dan 62.410 dosis kedua.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Peresmian Sentra Vaksinasi Bersama OJK dan Perbarindo

Vaksinasi Massal, Pertamina Dukung Percepatan Herd Immunity

OJK-UGM Gelar Vaksinasi Massal Sasar 8.000 Peserta di DIY

Pertamina Dukung Percepatan Herd Immunity Lewat Vaksinasi

Vaksinasi Massal IKA Unhas-Nindya Karya Siap Digelar

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image