Definisi Kontak Erat Covid-19 Berubah, Ini Penjelasan Menkes

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin | Foto: Republika/Abdan Syakura

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengubah definisi dari kontak erat dalam panduan pelaksanaan tracing dan testing Covid-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, definisi kontak erat dibuat lebih sederhana menjadi orang yang satu rumah, satu kantor, atau pernah kontak secara dekat. Perubahan ini untuk memudahkan proses pelacakan petugas di lapangan. 

"Sebelumnya definisi kontak erat adalah orang yang pernah bersinggungan dengan yang bersangkutan dalam dua minggu terakhir selama lebih dari 15 menit, itu praktik di lapangan susah. Jadi ya sudah kita ubah definisinya jadi orang yang satu rumah, orang yang satu kantor, orang yang pernah makan bareng, atau orang yang satu mobil, jadi narasinya yang diubah," ujar Menkes dalam keterangan pers, Senin (26/7) kemarin. 

Baca Juga

Penjelasan mengenai kontak erat sebelumnya diatur dalam Keputusan menkes nomor HK.01.07/Menkes/4641/2021. Aturan tersebut menyebutkan bahwa kontak erat adalah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau dengan kasus konfirmasi positif Covid-19. 

Orang yang masuk kategori kontak erat juga didefinisikan sebagai orang yang pernah kontak tatap muka atau berdekatan dengan kasus konfirmasi dalam radius 1 meter selama 15 menit atau lebih, bersentuhan fisik langsung dengan pasien konfirmasi, atau orang yang memberikan perawatan langsung terhadap kasus konfirmasi tanpa menggunakan APD.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Definisi Kontak Erat Covid-19 Berubah, Ini Penjelasan Menkes

Studi Sebut Vaksin Dosis 2 Aman Diberi Meski Sempat Alergi

Yunani Umumkan Vaksinasi Covid-19 Anak 12-15 Tahun

Separuh Warga Arab Saudi Terima Vaksin Covid Dosis Pertama

Menkes: Banyak yang Tanya, Kapan Pandemi Berakhir?

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image