Selasa 27 Jul 2021 18:26 WIB

Kabupaten Ciamis Raih Dua Penghargaan dari TP2DD dan TPID

TP2DD merupakan bentuk konkrit dalam upaya percepatan akselerasi digital.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kabupaten Ciamis Raih Dua Penghargaan dari TP2DD dan TPID (ilustrasi).
Kabupaten Ciamis Raih Dua Penghargaan dari TP2DD dan TPID (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,CIAMIS -- Kabupaten Ciamis mendapatkan dua penghargaan dalam Rapat Koordinasi Wilayah Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Jawa Barat. Dua penghargaan yang diberikan adalah Pemda Terbaik ke-3 kategori elektronifikasi transaksi pemerintah daerah dan Pemda Terbaik ke-2 untuk kategori non-IHK (Indeks Harga konsumen) dalam pengendalian noninflasi.

"Alhmdulillah meski dalam keterbatasan akibat pandemi kita mendapat penghargaan, saya ucapkan terimakasih kepada Tim P2DD dan TPID serta kepada masyarakat yang telah bekerja keras dalam digitalisasi daerah," kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melalui keterangan resmi, Selasa (27/7).

Herdiat menyampaikan prestasi yang telah diraih tersebut merupakan penghargaan bagi masyarakat Tatar Galuh Ciamis yang telah mendorong dan mensukseskan digitalisasi transaksi pemerintah daerah dan ekonomi daerah. Ia berharap, semua pihak terus dapat melakukan inovasi untuk kemajuan ekonomi daerah. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, TP2DD merupakan bentuk konkrit dalam upaya percepatan akselerasi digital di kabupaten kota. "Rakorwil TP2DD da TPID merupakan sarana untuk menyamakan presepsi agar lintas wilayah di 27 Kota Kabupaten menjadi satu pemahaman," kata dia.

Ia menerangkan, terdapat dua isu penting dalam kegitan rakorwil tersebut. Pertama, digitalisasi ekonomi sebagai daya saing dan kedua adalah pengendalian inflasi.

"Khusus untuk digitalisasi ekonomi kita melihat bahwa orang yang dulu melihat digital sebagai pilihan sekarang adalah paksaan, orang yang tidak mau paham digital maka ia akan tertinggal," jelasnya.

Karena itu, semua pihak mempunyai tugas untuk melakukan percepatan digitalisasi. Dengan begitu, inklusif digitalisasi tidak hanya terjadi di daerah perkotaan, tapi sampai ke desa-desa.

Emil --sapaan Ridwan Kamil-- juga mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota yang masuk kategori terbaik dalam Rakorwil TP2DD dan TPID kali ini. "Saya ucapkan selamat kepada kabupaten/kota di Jabar yang telah masuk kategori terbaik dalam TP2DD ini yang tentunya akan diberikan apresiasi piala AJEG (Apresiasi Jawara Ekonomi diGital) Jabar dan piala Pinunjul (Program Inflasi Unggul Juara Lahir Batin) jawa barat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement