Pertumbuhan Awan Hujan Meningkat di Sejumlah Wilayah

Red: Ratna Puspita

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kecenderungan peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah di Indonesia yang dipengaruhi pola perlambatan kecepatan angin pada Senin (2/8). (Foto: Awan hitam menyelimuti Kota Bandung)
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kecenderungan peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah di Indonesia yang dipengaruhi pola perlambatan kecepatan angin pada Senin (2/8). (Foto: Awan hitam menyelimuti Kota Bandung) | Foto: Antara/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kecenderungan peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah di Indonesia yang dipengaruhi pola perlambatan kecepatan angin pada Senin (2/8). Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, pertumbuhan awan hujan terjadi di sebagian wilayah Sumatera Pesisir Barat, Sumatera Selatan, Jawa, Sulawesi bagian tengah hingga Selatan serta Papua Barat.

Hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang masih berpotensi melanda beberapa wilayah seperti di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. Adapun, situasi cuaca cerah dan berawan diperkirakan terjadi di berbagai kota besar di Indonesia seperti di Denpasar, Jambi, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Mataram, Kupang, Jayapura, Makassar dan Kendari.

Baca Juga

Namun, cuaca hujan berskala ringan dan sedang juga diprakirakan mengguyur beberapa daerah seperti Serang, Bengkulu, Bandung, Pontianak, Palangkaraya, Tarakan, Tanjung Pinang, Manokwari, Pekan Baru, Manado dan Medan. Adapun, situasi suhu di kota besar rata-rata berkisar antara 23 hingga 32 derajat celcius dengan tingkat kelembaban berkisar antara 55 hingga 95 persen.

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah daerah di Provinsi Kalimantan Tengah yang diperkirakan berlangsung hingga pukul 08.00 WIB. Peringatan serupa juga diprakirakan melanda sebagian daerah di Kepulauan Riau dan Sumatera Selatan yang berlangsung mulai pukul 06.10 hingga 08.00 WIB.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Masyarakat di Tasikmalaya Diimbau Waspadai Bencana Longsor

Waspadai Hujan dan Petir Landa Jakarta pada Sabtu Malam

BMKG: Fenomena Cuaca, Iklim, dan Tektonik Kian tak Pasti

Jokowi: Kebijakan Pemerintah Harus Sensitif Rawan Bencana

Gempa Pacitan Selasa Malam Dekat Sumber Gempa Besar 1937

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image