Soal Hibah Rp 2 T, Ade Armando: Asumsikan Benar Saja Dulu

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan / Red: Agus Yulianto

Ade Armando
Ade Armando | Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Ade Armando mengakui, dirinya terkena prank donasi Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio untuk penanganan Covid-19. Namun demikian, dirinya mengatakan, kejadian yang saat ini menjadi prank, masih bisa memiliki beragam kemungkinan ke depannya.

"Kalau itu masih diniatkan oleh keluarga Akidi Tio, kita asumsikan sebagai benar saja dulu,’’ ujar dia kepada Republika, Selasa (3/8).

Dia menambahkan, uang yang kini belum diketahui keberadaanya itu masih memiliki banyak versi penjelasan. Dia mencontohkan, ada yang menyebut jika uang itu berada di Singapura dan tidak bisa dicairkan.

Oleh sebab itu, dirinya menegaskan, harus ada praduga tak bersalah yang dikedepankan. Mengenai sikap keluarga Akidi Tio yang secara simbolik menyumbangkan dua triliun, kata Ade, tetap harus diapresiasi karena memiliki niat untuk melakukan bantuan perihal penanganan Covid-19.

Namun demikian, dirinya menyatakan, hibah dana fantastis yang masih nihil tersebut masih merupakan prank. ‘’Kalau ini dibilang prank, ya tarolah ini memang prank, mungkin supaya dana di Singapura itu bisa dicairkan. Tapi, tidak ada penipuan di sini,’’ jelasnya.

Ditanya video Ade sebelumnya yang menyebut keluarga Akidi Tio yang mengambil langkah luar biasa soal sumbangan itu, dia tak menampiknya. Namun, dalam video tersebut Ade mengklarifikasi, dirinya tidak bermaksud membesarkan peran orang Tionghoa. "Konteks saya, orang Tionghoa itu berperan juga, dan bukan benalu," katanya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Prank Hibah Dua Rp 2 T, Ade Armando: Jangan Kritik Polda

Polri Serahkan Kasus Hibah Akidi Tio ke Polda Sumsel

Mabes Serahkan Pemeriksaan Donasi Akidi Tio ke Polda Sumsel

Pigai: Kasus Hoax Akidi Tio Diproses Seperti Ratna Sarumpaet

IPW Heran Kapolda Ralat Status Tersangka Keluarga Akidi Tio

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image