Selasa 03 Aug 2021 18:32 WIB

Tasikmalaya Jadi Daerah Pertama di Jawa dengan PPKM Level 2

Ada 13 kabupaten dan kota di Jawa-Bali mengalami peningkatan level dari 3 ke 4.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus raharjo
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: Satgas Covid-19.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah pusat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat yang berhasil menurunkan situasi pandemi ke level 2. Tasikmalaya menjadi daerah pertama di Jawa dan Bali yang kini menjalankan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2, di saat daerah lain di Jawa-Bali masih menjalankan PPKM level 3 dan 4.

"Kami apresiasi 12 kabupaten kota (di Jawa-Bali) yang turun dari level 4 ke 3 dan khususnya Kabupaten Tasikmalaya yang jadi daerah pertama di Jawa Bali dengan level di bawah 3 dan 4," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers, Selasa (3/8).

Pemerintah juga mencatat ada 13 kabupaten/kota di Jawa Bali yang justru mengalami peningkatan status, dari level 3 ke level 4.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memperpanjang pelaksanaan PPKM level 4 hingga 9 Agustus 2021. Sebagian besar daerah yang sebelumnya menjalankan PPKM level 4, masih perlu melanjutkan kebijakan yang sama. Pemerintah juga menyoroti 4 wilayah yang masih mencatatkan tingkat penularan tinggi, antara lain Bali, Malang Raya, Solo Raya, dan DI Yogyakarta.

"Terkait dengan perkembangan level daerah di wilayah non Jawa Bali yang belum berubah, maka diperlukan usaha sungguh-sungguh dari masyarakat dan pemerintah untuk targetkan penurunan level daerah. Manfaatkan waktu sepekan untuk memperbaiki perkembangannya," kata Wiku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement