Pemkab Ciamis Salurkan Alat Pertanian untuk Kelompok Tani

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Ciamis Salurkan Alat Pertanian untuk Kelompok Tani (ilustrasi).
Pemkab Ciamis Salurkan Alat Pertanian untuk Kelompok Tani (ilustrasi). | Foto: dok. Humas Pemkot Solo

REPUBLIKA.CO.ID,CIAMIS -- Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada 13 kelompok petani untuk mendukung upaya meningkatkan produksi komoditas pertanian di Ciamis.

"Alat-alat pertanian yang diberikan ini harus benar-benar bermanfaat dan dapat menunjang hasil dari pertanian yang ada di Kabupaten Ciamis," kata Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat penyerahan bantuan alat pertanian secara simbolis kepada petani di Ciamis, Selasa (4/8).

Bantuan alat mesin pertanian tersebut berasal dari pemerintah pusat tahun anggaran 2021 untuk mendukung peningkatan produksi komoditas pertanian di Kabupaten Ciamis. Bantuan berupa traktor roda dua, pompa air, dan cultivator yang akan memberikan manfaat bagi petani untuk membantu peningkatan produktivitas serta memangkas biaya produksi.

"Sudah menjadi kewajiban kami untuk lebih memperhatikan keberadaan petani," katanya.

Pertumbuhan ekonomi di Ciamis dari sektor pertanian selama wabah COVID-19 masih terkendali, petani sampai saat ini masih bisa bertahan dari hantaman pandemi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Slamet Budi Wibowo menambahkan dengan alat mesin pertanian diharapkan dapat mempersingkat waktu pengolahan tanah dan mempercepat penanaman serta dapat menghemat ongkos tenaga kerja. "Kami berharap para kelompok tani dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya serta dapat membantu keberlangsungan budidaya pertanian di lingkungan kelompok tani masing-masing," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Rawat Kesehatan Jiwa dengan Bersyukur

Pakar Bagikan Tips Rawat Hewan Peliharaan Selama Pandemi

Pandemi, Mati Muda, dan Kecemasan Menghadapi Kematian

Menkes: Pandemi Selalu Syaratkan Perubahan Perilaku Manusia

Presiden: Doa adalah Senjata Orang Mukmin

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image