Satgas: Warga Belum Memiliki NIK Tetap Dilayani Vaksinasi 

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ratna Puspita

Pemerintah menegaskan warga yang belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK) tetap mendapat akses vaksinasi Covid-19. (Foto: Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19)
Pemerintah menegaskan warga yang belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK) tetap mendapat akses vaksinasi Covid-19. (Foto: Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19) | Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menegaskan warga yang belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK) tetap mendapat akses vaksinasi Covid-19. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/III/15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat Lainnya yang Belum Memiliki Nomor Induk Kependudukan. 

Aturan tersebut, ujar Wiku, memfasilitasi masyarakat rentan dan masyarakat yang belum memiliki NIK untuk mendapat vaksinasi. Dalam penerapan di lapangan, Wiku melanjutkan, Dinas Kesehatan di daerah diminta untuk melakukan koordinasi bersama organisasi perangkat daerah untuk bisa membuka sentra vaksinasi khusus bagi masyarakat rentan, seperti penyandang disabilitas, masyarakat adat, penghuni lapas, penyandang masalah kesejahteraan sosial, pekerja migran bermasalah, dan masyarakat yang belum memiliki NIK. 

Baca Juga

"Pelayanan vaksinasi covid bagi masyarakat yang belum memiliki NIK dapat dilakukan bersama dengan Disdukcapil di satu lokasi pelayanan yang disepakati sehingga masy dapat terlayani dan kebutuhan NIK dapat terpenuhi," kata Wiku. 

Wiku menambahkan, target vaksinasi booster alias dosis ketiga untuk tenaga kesehatan dan tenaga penunjang di fasilitas kesehatan masih dikebut. Targetnya, seluruh vaksin booster rampung disuntikkan pada pekan kedua Agustus 2021. 

Hingga hari ini, sudah ada 21 juta penduduk Indonesia yang mendapat dua dosis lengkap vaksin Covid-19. Angka ini baru 10 persen dari total target vaksinasi, yakni 208 juta penduduk. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Naik Turun Level PPKM, Bagaimana Penentuannya? 

Inggris Izinkan Vaksin Covid-19 pada Usia 16-17 Tahun

Angka Kematian Usia Produktif Tinggi, Ini Penjelasan Satgas

ASN Morotai Belum Vaksinasi, Gaji Ditunda

Vaksinasi Covid-19 di Pangkalan Udara Pondok Cabe

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image