Disparpora Cianjur Sebut Rencana Kehadiran Investasi Wisata

Red: Muhammad Fakhruddin

Disparpora Cianjur Sebut Rencana Kehadiran Investasi Wisata (ilustrasi).
Disparpora Cianjur Sebut Rencana Kehadiran Investasi Wisata (ilustrasi). | Foto: Antara/Arif Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR -- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Jawa Barat, menyatakan adanya sejumlah rencana investasi wisata di kawasan ini yang dapat bermanfaat untuk mendorong pencapaian target penanaman modal.

"Selama pandemi ada beberapa investor yang hingga saat ini, masih intens berhubungan dengan dinas terkait investasi wisata yang akan ditanamkan di Cianjur," kata Sekretaris Disparpora Cianjur, Pratama Nugraha di Cianjur Rabu (18/8).

Ia memastikan pihaknya akan berkoordinasi dengan lintas dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyiapkan masuknya investasi tersebut, salah satunya dengan penyediaan infrastruktur kelistrikan yang belum sepenuhnya memadai di wilayah selatan. Saat ini, koordinasi dengan PLN Regional Jabar telah dilakukan untuk meningkatkan voltase listrik sebagai penunjang utama penyediaan hotel berkelas, mengingat fasilitas hotel membutuhkan tenaga listrik yang tinggi.

"Kalau sudah memadai, termasuk infrastruktur jalan, pengembangan wisata selatan, dapat memulihkan perekonomian setelah pandemi usai," katanya.

Ia menyakini penyediaan layanan yang memadai sangat penting untuk meningkatkan kinerja pariwisata karena secara tidak langsung sektor jasa ini dapat mempengaruhi tingkat perekonomian daerah.

Saat ini, tambah dia, pihaknya juga telah memberikan perhatian khusus kepada 10 desa wisata yang telah terdaftar, dengan memberikan bantuan pelatihan dan pembinaan maupun penataan kepada pelaku jasa wisata setempat. Dengan demikian, Pratama mengharapkan desa wisata tersebut dapat siap menerima kunjungan wisatawan dari berbagai wilayah, terutama usai pandemiCOVID-19 ini berakhir.

"Kami juga berharap sama pandemi usai, kehidupan kembali normal, disertai investasi dari desa hingga ke kota dapat berjalan beriringan, sehingga perekonomian daerah dapat kembali bangkit, terutama angka kunjungan wisata," katanya.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Dorong Ekonomi Kreatif, Anggaran Pariwisata Menjadi Rp 3,7 T

Wisata Religi: Sejarah Bedug Terbesar di Dunia

Lima Perlengkapan yang Wajib Ada Saat Road Trip

Menilik Danau Tarbela dan Kesederhanaan Warganya

Lokasi Wisata Disulap jadi Pusat Kegiatan Vaksinasi Massal

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image