Pemkab Cianjur Targetkan Puluhan Desa Jadi Destinasi Wisata

Red: Esthi Maharani

Wisata eksotik ala Venesia (Little Venice) di Kota Bunga, di Puncak, Cianjur, Jawa Barat.
Wisata eksotik ala Venesia (Little Venice) di Kota Bunga, di Puncak, Cianjur, Jawa Barat. | Foto: Republika/Muhyiddin

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Pemkab Cianjur, Jawa Barat, menargetkan puluhan desa menjadi destinasi wisata baru. Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan saat ini terdapat 10 desa wisata dengan berbagai objek mulai air terjun hingga kebun bunga yang sudah mendapat pembinaan dinas terkait.

"Dinas melakukan pelatihan dan pembinaan secara rutin pada pengelola desa wisata yang sebagian besar diserahkan pada aparat desa dan karang taruna. Termasuk, penataan perkampungan yang dapat menjadi daya tarik wisatawan," katanya, Kamis (19/8).

Keberadaan desa wisata tersebut, ungkap dia, setelah pandemi usai akan lebih dikembangkan, termasuk menyediakan home stay serta seni budaya penunjang, agar wisatawan betah menghabiskan waktu liburnya di Cianjur.

Ia menambahkan saat ini sejumlah investor mulai tertarik untuk menanamkan investasinya di bidang pariwisata di Cianjur. Apalagi dalam waktu dekat akan dibangun destinasi wisata baru bernuansa alam di Kecamatan Naringgul, sebagai penunjang wisata pantai selatan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Cianjur Pratama Nugraha menjelaskan Pemkab Cianjur telah berkoordinasi dengan pemprov untuk membangun ruas jalan baru dari Kabupaten Bandung hingga pantai selatan Cianjur.

"Nanti, di kawasan Naringgul, akan dibangun beberapa destinasi wisata, sehingga saat jalan baru dibangun, wisatawan dari Bandung hanya butuh waktu satu jam untuk sampai ke pantai. Kami berharap pembangunan infrastruktur dapat terwujud tahun ini, sehingga pemulihan ekonomi akan cepat berjalan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Tabuk, Tempat yang Kaya Warisan Sejarah dan Alam di Saudi

Kampung Kreasi Lorong Mari Masuk 300 Besar ADWI 2021

Disparpora Cianjur Sebut Rencana Kehadiran Investasi Wisata

Kemenparekraf Dukung Penguatan Konten Lokal Labuan Bajo

Kepulauan Seribu Didorong Jadi Destinasi Berkelanjutan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image