Jumat 20 Aug 2021 16:37 WIB

Minat Mahasiswa Daftar ke STIE Ekuitas Tetap Tinggi

STIE Ekuitas tercatat sebagai salah satu STIE unggulan di Jabar

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Situasi pandemi covid-19 yang belum berakhir, berdampak pada semua sektor termasuk pendidikan. Namun, pandemi ternyata tak terlalu berdampak sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) Ekuitas.
Foto: istimewa
Situasi pandemi covid-19 yang belum berakhir, berdampak pada semua sektor termasuk pendidikan. Namun, pandemi ternyata tak terlalu berdampak sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) Ekuitas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Situasi pandemi covid-19 yang belum berakhir, berdampak pada semua sektor termasuk pendidikan. Namun, pandemi ternyata tak terlalu berdampak sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) Ekuitas.

Menurut Ketua STIE Ekuitas Prof Dr rer nat Martha Fani Cahyandito, SE, M.Sc, CSP, kampusnya saat ini menjadi salah satu lembaga pendidikan yang sudah mendapatkan tempat yang baik di hati masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peminat yang ingin melanjutkan pendidikan di Ekuitas dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat berarti. 

"Pada tahun akademik 2020/2021 jumlah peminat yang ingin melanjutkan pendidikan di Ekuitas tercatat 1.208 orang dan yang registrasi sebanyak 890 orang. Sedangkan jumlah mahasiswa yang sedang mengikuti pendidikan sampai saat ini berjumlah 2.526 orang," ujar Martha Fani yang akrab disapa Fani, dalam siaran persnya, Jumat (20/8).

Tingginya minat mahasiswa ini, kata Fani, salah satunya terjadi karena sebagai salah satu STIE yang unggul di Jawa Barat dan Banten, STIE Ekuitas terus meningkatkan kualitas melalui perolehan berbagai prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional. 

"Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten kepada STIE Ekuitas yakni ‘Meraih Predikat STIE Terbaik di Wilayah Jawa Barat dan Banten 2020,” papar Prof Fani. 

Selain itu, kata Prof Fani, dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu STIE Ekuitas telah melaksanakan MoU, di antaranya dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), STIE YKPN Yogyakarta, STEBI Lampung, STIE Perbanas Surabaya, Universitas Mercu Buana, Trust Microsoft, Hd Tax Centerr, Politeknik Praktisi Bandung, Universitas PGRI Yogyakarta, Itenas, AHS Consultant, Quadra Luminari, Swift English School, UNISBA, Pemrov Jawa Barat, PT Valbury Asia Futures, Universitas Majalengka, BINUS, UPI, Pemkot Bandung, DJP Kanwil I Jawa Barat, Pemkot Cimahi, Bank bjb, Jabar Bergerak dan Koperasi DJP.         

“Civitas Akademi STIE Ekuitas sangat meng-apresiasi dan berterimakasih kepada YKP BJB dan Direksi BJB sebagai Dewan Pembina STIE Ekuitas, yang telah memberikan perhatian dan mendukung penuh bagi kemajuan Ekuitas. Alhamdulillah Ekuitas mendapatkan kepercayaan di hati masyarakat,” katanya.

Terkait wisuda, STIE Ekuitas tetap menggelar acara wisuda yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (19/8).  STIE Ekuitas melaksanakan wisuda gelombang I tahun akademik 2020/2021, yang di ikuti 385 lulusan Magister, Sarjana dan Ahli Madya secara virtual di kediamannya masing-masing.

Sebanyak 166 wisudawan berhasil lulusan dengan predikat Cum Laude atau dengan pujian. Pada wisuda kali ini orasi ilmiah secara virtual disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UMKM Drs Teten Masduki dengan tema “ Wirausaha Merupakan Pilihan Terbaik di Era Pandemi Covid-19”.

Menurut Fani, sebagai pendidikan tinggi STIE Ekuitas terus berusaha menunjukkan komitmennya untuk menjadi Perguruan Tinggi terbaik dalam memberikan kualitas pendidikan, yang relavan dengan kebutuhan dunia kerja. 

Ekuitas pun, kata dia, menyiapkan mahasiswa sebagai sumber daya manusia unggul tidak hanya dari segi kemampuan akademis dan teknis. Tetapi juga memiliki kemampuan yang dibutuhkan perusahaan atau hard skill, dan  keterampilan soft skill seperti komunikasi interpersonal, kepemimpinan, kerja sama dan yang tak kalah penting adalah kewirausahaan. 

Sementara menurut Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi, pihaknya sangat bersyukur masih bisa melaksanakan wisuda walaupun dalam keadaan pandemi. Meskipun melalui virtual, namun diharapkan lulusannya harus tetap unggul terutama dalam bidang ekonomi, keuangan, dan perbankan. 

“Karena STIE Ekuitas memiliki dosen-dosen yang ahli dan berpengalaman dibidangnya. Bank BJB akan terus memberikan dukungan penuh kepada lulusan Ekuitas untuk dapat bekerja di BJB,” kata Yuddy.

Menurutnya, Bank bjb memberikan perhatian lebih tinggi bagi sektor pendidikan. Karena, pendidikan merupakan hal terpenting yang harus menjadi prioritas utama dalam upaya pengembangan masyarakat. 

“Bank bjb ingin turut serta dalam membentuk generasi mendatang yang berkualitas. Tentu merupakan suatu kebanggaan bagi bank bjb bisa berkontribusi pada pembentukan generasi wirausaha di masa depan melalui lulusan dari STIE Ekuitas,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement