Selasa 24 Aug 2021 12:30 WIB

Pasien Covid-19 di RSUP Fatmawati Menurun Selama PPKM

Jika Juli 2021 pasien terus meningkat, kini pasien Covid-19 di RS Fatmawati menurun.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan.
Foto: Halodoc
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Sub Koordinator Hubungan Masyarakat RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan, Atom Kadam mengatakan, jumlah pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit milik pemerintah pusat tersebut semakin menurun saat penyesuaian PPKM.

"Iya memang di bulan Agustus terjadi penurunan yang cukup signifikan, sampai saat ini juga pasien terus melandai," kata Atom saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (24/8).

Menurut Atom, pada Juli 2001, pasien Covid-19 selalu mengalami peningkatan. Namun, kondisi itu tidak ditemukan lagi sejak awal Agustus hingga Selasa ini. Bahkan, kata dia, sebelumnya RS Fatmawati harus menambah kapasitas tempat tidur untuk mengantisipasi dan menangani lonjakan pasien Covid-19.

"Kalau sekarang ini kita sudah bisa mengurangi bed atau tempat tidur, padahal kemarin terjadi penambahan," kata Atom.

Dia menyebutkan, pada 5 Agustus 2021, jumlah pasien yang dirawat sebanyak 232 orang. Sementara, saat ini turun menjadi 107 pasien. Penurunan jumlah pasien, menurut Atom, tidak terlepas dari upaya masyarakat yang sudah menerapkan protokol kesehatan secara sadar dan bertanggung jawab.

Kemudian pemberlakuan PPKM juga membantu menekan kasus karena turut membatasi aktivitas masyarakat. "Adanya PPKM juga mempengaruhi, sehingga mempengaruhi aktivitas masyarakat di rumah," kata Atom.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement