Rabu 25 Aug 2021 19:02 WIB

OKP Jabar Sepakat tak Ingin Musda XV KNPI Jabar Diundur

Musda diharapkan menjadi regenerasi bagi seluruh pemuda.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
OKP Jabar Sepakat tak Ingin Musda XV KNPI Jabar Diundur (ilustrasi).
Foto: Dokumen KNPI
OKP Jabar Sepakat tak Ingin Musda XV KNPI Jabar Diundur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Organisasi kepemudaan dan DPD KNPI kota/kabupaten se-Jawa Barat solid menyepakati pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) XV KNPI Jabar tetap digelar sesuai jadwal. Musda tetap dilaksanakan pada 25-27 Agustus 2021 di Hotel Harmoni, Kabupaten Garut.

Menurut Wakil Ketua Pengurus Wilayah Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) Jabar Ikrar Sajati Akbar, OKP di Jabar sangat solid dan mendukung pelaksanaan musda digelar sesuai jadwal. Karena, Musda menjadi langkah stretagis bagi DPD KNPI Jabar untuk meneruskan tongkat estafet kepengurusan.

“OKP Jabar sangat antusias terhadap musda karena diharapkan menjadi regenerasi bagi seluruh pemuda. Nantinya peran pemuda di Jabar bisa berkembang, lalu berperan aktif dalam pembangunan, khususnya penanganan panedemi Covid-19. Ini semangat baru bagi Pemuda Jabar. Hanya oknum yang ingin menggagalkan musda,” ujar Ikrar kepada wartawan di Bandung, Rabu (25/8).

Terkait surat DPP, Ikrar mengatakan, seharusnya pihak pusat mengapresiasi langkah DPD KNPI Jabar yang solid, satu, dan tidak terpecah. Bahkan meniru Jabar untuk selanjutnya menggagas kongres persatuan.

“Saya baca surat-surat dari DPP. Ada klausul menyebutkan musda diundur hanya seminggu. Apakah selama seminggu itu kongres persatuan akan terjaid? Kan tidak jelas,” katanya.

Sejumlah DPD KNPI kota/kabupaten se-Jabar, kata dia, akan solid mendukung pelaksanaan Musda XV KNPI sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Sikap tersebut sebagai upaya menjaga kepentingan persatuan dan kesatuan pemuda di Jawa Barat.

"Penyelenggaraan musda ini telah sejak lama dipersiapkan dan dikoordinasikan serta telah menjadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh pemuda, baik OKP maupun KNPI Kabupaten dan kota. Seharusnya kegiatan ini didukung seluruh komponen organisasi KNPI dari seluruh tingkatan," kata Yoga Rahardiansyah, Ketua KNPI Kabupaten Indramayu.

Bersama sejumlah pimpinan KNPI kota/kabupaten se-Jabar, di antaranya Yusuf Dandi Asih (Ketua DPD KNPI Kab. Kuningan), Fikri Ikhsani (Ketua DPD KNPI Kab. Bogor), Sultan Saddam (Ketua DPD KNPI Kab. Majalengka), Bobby Arafat (Ketua DPD KNPI Kota Depok), Jarum (Ketua DPD KNPI Kota Cirebon), dan Muhammad Riksa (Ketua DPD KNPI Kab Cianjur). Yoga meminta, DPD KNPI Jawa Barat untuk dapat memfasilitasi kegiatan kabupaten/kota yang memiliki persoalan dalam penyelenggaraan kegiatan musyawarah daerah Kabupaten/Kota.

"Kami memberikan dukungan penuh kepada DPD KNPI Jawa Barat untuk dapat menyelesaikan persoalan administratif dan politis kepada DPP KNPI yang bertujuan suksesnya penyelenggaraan Musyawarah Daerah KNPI Provinsi Jawa Barat sesuai proses yang telah dilakukan," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya pun mendukung penuh dan menegaskan kepada Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) Musyawarah Daerah Pemuda/KNPI Provinsi Jawa Barat untuk dapat melanjutkan proses persiapan penyelenggaraan Musda KNPI provinsi sesuai dengan yang telah ditetapkan. 

"Sebagai bagian dari komitmen kebersamaan dan ikatan emosional, kami mendukung penuh Kabupaten Garut sebagai tuan rumah pelaksanaan Musda KNPI Jawa Barat tahun 2021 dalam situasi dan kondisi apapun. Mendukung penuh DPD KNPI Kabupaten Garut demi suksesnya penyelenggaraan Musda KNPI Jawa Barat tahun 2021," paparnya.

Sementara itu, organisasi mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung mendukung pelaksanaan Musda XV KNPI Jawa Barat tetap digelar sesuai jadwal. Dukungan diberikan sejumlah organisasi mahasiswa, di antaranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Ketua Umum Badko Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Barat, Khoirul Anam Gunawan Winata mengatakan, pelaksanaan musda sesuai jadwal akan mengoptimalkanperan pemuda seiring terbentuknya kepengurusan KNPI. Agenda tersebut akan mampu memaksimalkan peran pemuda, khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19 sekarang.

“Kami siap menyukseskan agenda Musda XV KNPI Jabar di Garut nanti. Musda akan melahirkan pimpinan terbaik. Terpenting tetap menjaga solidaritas dan azas kekeluargaan sebagaimana spirit KNPI sebagai wadah pemersatu bangsa, pemersatu negara," kata Anam.

Koordinator Wilayah III Pengurus Pusat GMKI Andreas Simanjuntak menuturkan, Musda XV KNPI Jabar akan menjadi contoh penyelesain konflik-konflik yang terjadi di internal organisasi.

“Saya mendesak agenda Musda XV KNPI Jabar harus segera dilaksanakan. Jangan ditunda-tunda lagi, karena dapat membuka ruang ruang baru yang bisa menimbulkan konflik baru,” katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement