Menteri PPPA Dorong Perlindungan Perempuan dan Anak

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Menteri PPPA Dorong Perlindungan Perempuan dan Anak. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga (kanan).
Menteri PPPA Dorong Perlindungan Perempuan dan Anak. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga (kanan). | Foto: Abdan Syakura/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengunjungi Desa/Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi Jumat (3/9). Hal ini dalam rangka dialog tingkat daerah terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

''Kami mendorong partisipasi semua pihak di Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan komitmen perlindungan perempuan dan anak,'' ujar Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga. Di mana penyelesaian permasalahan ini harus dari hulu ke hilir.

Untuk itu kata Menteri PPPA, semua harus sepakat kalau kuncinya ada di pencegahan. Caranya melalui dialog ini mencari tahu langkah-langkah konkret apa yang harus dilakukan bersama.

Kegiatan kunjungan kerja tersebut juga untuk berdialog bersama masyarakat. Khususnya mengenai pencegahan, penanganan, pemberdayaaan, dan pendampingan Pekerja Migran Indonesia (PMI) serta korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Termasuk memantau hasil pemberdayaan purna PMI di Kabupaten Sukabumi. Baik dari segi kerajinan maupun hasil pertanian, dan olahan makanan.

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan, Pemkab Sukabumi berupaya membina para PMI. Proses pembinaan tersebut, dilakukan melalui dinas terkait dan dibantu Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).

"Bahkan untuk Kecamatan Kebonpedes ini, banyak inovasi yang dilakukan, terutama pembinaan bagi purna PMI," ujar Iyos. Pemkab Sukabumi pun memiliki program perempuan hebat untuk keluarga berkualitas (perahu kertas).

Program tersebut sebagai bentuk intervensi kepada ibu-ibu, termasuk purna PMI. " Mudah-mudahan lewat program ini banyak ibu yang hebat dan berkualitas," imbuh dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Korsel Bangun Proyek Manajemen Kebocoran Air di Sukabumi

Kabupaten Sukabumi Masuk PPKM Level II

Kota Sukabumi Masuk Lima Besar Ajang Seleksi Tilawatil Quran

KPPPA Gandeng Kemenag Cegah Perkawinan Anak

Rumah Zakat, Menteri PPPA dan FoZ Bantu Yatim Korban Covid-1

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image