PTM di Tasikmalaya Dinilai Berjalan Baik

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hiru Muhammad

Sejumlah siswa SDN 2 Tugu, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, melaksanakan PTM terbatas, Jumat (3/9).
Sejumlah siswa SDN 2 Tugu, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, melaksanakan PTM terbatas, Jumat (3/9). | Foto: Republika/Bayu Adji P.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Tasikmalaya sudah berjalan dalam beberapa pekan terakhir. Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya mengklaim, sejauh ini pelaksanaan PTM masih berjalan lancar. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Mohammad Dani mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan ke setiap sekolah. Hal itu untuk memastikan sekolah benar-benar menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat selama proses PTM. 

"Kalau dinilai bagus, PTM dapat diteruskan. Tapi kalau ada yang melanggar kita akan hentikan dan kembali melakukan pembelajaran daring," kata dia, Jumat (3/9).

Kendati demikian, Dani menilai, pelaksanaan PTM berjalan baik. Penerapan prokes di sekolah juga berjalan sesuai yang diharapkan. 

Ia mengakui, masih ada sejumlah kelalaian yang terjadi saat pelaksanaan PTM. Misalnya, masih terlihat beberapa siswa yang tak mengenakan masker dengan benar. Selain itu, masih juga ada kerumunan saat siswa keluar sekolah. "Namun kita peringatkan untuk terus memperbaiki," kata Dani.

Menurut dia, sejauh ini belum ditemukan pelanggaran serius dalam pelaksanaan PTM di sekolah. Ia menambahkan, hingga saat ini juga tak ditemukan adanya kasus siswa atau guru yang terkonfirmasi Covid-19. 

Ia meyakini, semua pihak ingin pelaksanaan PTM berjalan aman. Karenanya, ia mengingatkan agar pelaksanaan PTM dipastikan sesuai prosedur, terutama dalam penerapan prokes.

Dani mengatakan, saat ini sudah hampir seluruh sekolah di Kota Tasikmalaya melaksanakan PTM. Hanya ada beberapa sekolah swasta yang belum melakukan PTM."Mereka mungkin masih khawatir. Karena sebagian besar orang tua di sekolah-sekolah itu belum mengizinkan anaknya PTM. Namun daring tetap berjalan efektif di sekolah-sekolah itu," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


AAP: Kasus Covid-19 Naik pada Kelompok Anak di AS

IDI Kota Bandung Masih Kaji PTM Bagi Siswa di Bawah 12 Tahun

Pemkab Malang Belum Gelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Kemenag: Kegiatan PTM di Madrasah Berjalan Sesuai Prokes

Kulonprogo Siap Selenggarakan Pembelajaran Tatap Muka

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image