Sabtu 04 Sep 2021 06:45 WIB

Perjuangan Warga Afghanistan di Negara Ketiga untuk Masuk AS

Beberapa pengungsi tanpa visa telah diizinkan masuk ke AS dengan alasan kemanusiaan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
 Seorang gadis dari Afghanistan menunggu dengan pengungsi lain untuk terbang ke Amerika Serikat atau lokasi penyelamatan lainnya di gerbang keberangkatan darurat di dalam gantungan di Pangkalan Udara Amerika Serikat di Ramstein, Jerman, Rabu, 1 September 2021
Foto: AP/Markus Schreiber
Seorang gadis dari Afghanistan menunggu dengan pengungsi lain untuk terbang ke Amerika Serikat atau lokasi penyelamatan lainnya di gerbang keberangkatan darurat di dalam gantungan di Pangkalan Udara Amerika Serikat di Ramstein, Jerman, Rabu, 1 September 2021

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Pada pertengahan Agustus, Ahmad mendapat telepon darurat dari keponakannya, Zia, yang menyuruhnya segera datang ke bandara Kabul untuk mencoba naik penerbangan evakuasi. Anggota Taliban telah mengunjungi rumah Ahmad di ibu kota untuk mencari Zia yang pernah bekerja dengan militer Amerika Serikat (AS) di Afganistan.

Taliban juga ketika itu menginginkan Ahmad melapor ke kantor polisi. Hanya saja saat itu dia tidak berada di rumah.  Pria berusia 43 tahun ini khawatir dia akan ditangkap atau dieksekusi karena keterlibatan keponakannya dengan militer AS militer.

Baca Juga

Kondisi itu mendorongnya pergi ke bandara bersama istri dan enam anaknya tetapi terpisah dari mereka di tengah keramaian di gerbang masuk.

Ahmad menunjukkan kepada pejabat foto kartu hijau keponakannya di telepon dan memberi tahu mereka bahwa dia adalah anggota keluarganya. Itu sudah cukup untuk membawanya naik pesawat ke negara sekutu Teluk Arab, Qatar, walau tanpa keluarganya.

"Saya sangat terganggu meninggalkan mereka," kata Ahmad melalui telepon, berbicara melalui seorang penerjemah tentang istrinya, lima anak perempuan dan anak laki-laki berusia dua tahun, yang sekarang bersembunyi.

Setelah perebutan untuk mengevakuasi warga Afghanistan yang rentan, ribuan orang sekarang menunggu di pusat transit di negara ketiga. Penampungan itu termasuk pangkalan militer AS di Qatar, Jerman, dan Italia.

Warga Afghanistan yang bisa dievakuasi dari Afghanistan harus mengatasi rintangan imigrasi birokrasi untuk akhirnya memasuki Amerika Serikat. Beberapa dari mereka tanpa dokumentasi atau menunggu keputusan aplikasi visa AS yang lain dalam keluarga dengan status imigrasi campuran.

Di pangkalan militer AS di Qatar, Ahmad hanya memiliki pakaian yang dia pakai, yang dengan cepat menjadi basah oleh keringat di bawah panas derajat Celcius.

Keponakan Ahmad, Zia, adalah seorang penduduk tetap AS sehingga dapat terbang ke Seattle, Washington, bersama istri dan lima anaknya setelah dua minggu di Qatar. Ahmad dan keponakan lainnya, yang hanya memiliki dokumen identitas Afghanistan, tetap tinggal di pangkalan itu.

Pejabat AS mengambil sidik jari mereka pada Selasa (31/8) tetapi tidak memberi mereka pembaruan tentang kapan akan naik penerbangan ke AS. Menurut Ahmas, mereka tidak memiliki aplikasi Visa Imigran Khusus (SIV).

Beberapa pengungsi tanpa visa telah diizinkan masuk ke AS sementara dengan alasan kemanusiaan yang mendesak, bukan di bawah program pengungsi tradisional.

Jenderal Angkatan Darat dan Ketua Staf Gabungan, Mark Milley,  mengatakan pada Rabu (1/9), ada sekitar 43 ribu pengungsi di sembilan negara di Eropa dan Timur Tengah. Sekitar 20 ribu warga Afghanistan di delapan pangkalan militer di AS.

SIV tersedia untuk warga Afghanistan tertentu yang membantu pasukan AS pasukan sebagai penerjemah dan pendukung, serta dalam peran lain. Mereka mendapat itu dengan kekhawatiran akan pembalasan oleh Taliban.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan pemerintah AS meningkatkan sumber daya ke pangkalan-pangkalan di luar negeri untuk menyaring mereka yang berharap masuk ke AS. Banyak yang masih belum jelas bagi kelompok pengungsi, pengacara imigrasi, dan individu Afghanistan tentang berapa lama beberapa mungkin harus menunggu di luar negeri saat pemeriksaan aplikasi terus berjalan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement