PPKM Diperpanjang, Keramaian Sukabumi Diklaim Bisa Ditekan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

PPKM Diperpanjang, Keramaian Sukabumi Diklaim Bisa Ditekan (ilustrasi).
PPKM Diperpanjang, Keramaian Sukabumi Diklaim Bisa Ditekan (ilustrasi). | Foto: Republika/riga nurul iman

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memantau pusat perbelanjaan di Kota Sukabumi pada Selasa (7/9). Dalam kesempatan tersebut terpantau keramaian di pusat perbelanjaan dapat ditekan sehingga penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

Pemantauan juga dilakukan oleh Dandim 0607 Kot Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada. ''Meskipun di PPKM level 3, kami melihat sebelumnya pusat keramaian sulit ditekan alhamdulillah kini sudah bisa ditekan,'' kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Mudah-mudahan ketika menekan keramaian, semakin mengubah level kewaspadan ke PPKM level 2 dan level 1. Dalam artian kasus Covid baru dan angka kematian juga menurun karena penerapan ketentuan dalam PPKM.

Sebelumnya Kota Sukabumi ditetapkan masuk PPKM Level 3. Hal ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. ''Karena konsisten di PPKM level 3, hasil komunikasi semalam tempat wisata boleh dibuka dengan standar protokol kesehatan,'' ujar Fahmi.

Hal ini disampaikan di sela-sela pelatihan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi pariwisata di Hotel Horison, Selasa (7/9).

Namun jangan sampai ketika dibuka lengah atau ceroboh khawatir naik kasus baru. Sehingga ia memohon meskipun boleh dibuka protokol kesehatan harus dijaga oleh pengunjung dan lokasi benar benar diperhatikan sarana protokol kesehatannya.

Fahmi mengatakan, khusus untuk tempat hiburan anak dan ruang karoke belum dibuka. Intinya yang dibuka sifatnya outdoor dan jadi kabar baik bisa menggerakan ekonomi di Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


PPKM Direlaksasi, Momentum Genjot Lagi Vaksinasi

Level Tiga, Sleman Siapkan Banyak Agenda Seni

Konsisten di PPKM Level 3, Wisata Outdoor Sukabumi Dibuka

35 Daerah di Jawa Tengah Bebas PPKM Level 4

Pemkab Malang Klaim Kasus Covid-19 Menurun

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image