Sopir Truk Bawa 67 Kg Ganja Ditangkap

Rep: Djoko Suceno/ Red: Muhammad Fakhruddin

Kepala BNNP Jabar, Brijen Pol Benny Gunawan saat rilis pengungkapan 67 kg ganja di kantor BNNK Bandung Barat.
Kepala BNNP Jabar, Brijen Pol Benny Gunawan saat rilis pengungkapan 67 kg ganja di kantor BNNK Bandung Barat. | Foto: dok BNNP Jabar

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Sopir truk yang mengangkut 67 kilogram gaja ditangkap petugas gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan BNNP Jawa Barat, Rabu (8/9). Tersangka MS (40 tahun), ditangkap petugas di rest area KM 115 Jalan Tol Purbaleunyi, Bandung.

‘’Ini kiriman dari Medan, Sumut,’’ kata Kepala BNNP Jabar, Brigjen Pol Benny Gunawan, di Kantor BNNK Bandung Barat.

Menurut Benny, dalam kasus ini petugas mengamankan seorang tersangka. Tersangka MS, kata dia, dijanjikan upah 15 juta dari seorang bandar di Medan untuk mengantarkan paket ganja ini ke Bandung. ‘’Tersangka diperintah oleh seseorang yang mengaku bernama Mandor untuk mengirim barang ke Bandung. Barang ini diangkut dari kawasan pergudangan di Medan,’’ ujar dia.

Informasi danya pengiriman ganja tersebut, kata Benny, sampai ke petugas BNNP Jabar dan BNNK KBB. Tim gabungan, imbuh dia, kemudian melakukan pelacakan. Truk Fuso yang dicurigai mengangkut 67 kilogram ganja tersebut terlacak memasuki  Jalan Tol Purbaleunyi. ‘’Petugas kemudian mengamankan truk tersebut di rest area KM 115. Setelah digeledah kita temukan ganja seberat 76 kilogram,’’ kata dia.

Ganja yang akan diedarkan di wilayah Jabar tersebut, sambung Benny, dikemas tiap paket seberat dua kilogram.  Ia mengatakan, ganja yang disita ini merupakan pengiriman pertama dari sindikat di Medan. ‘’Kita masih melakukan pengembangan atas kasus ini. Ini merupakan pengiriman pertama,’’ cetus dia.

Tersangka MS, mengaku baru pertama kali mendapat order pengiriman ganja dari Medan ke Jawa Barat. Ia mengaku tergiur dengan janji uang Rp 15 juta dari Mandor yang menyuruhnya. Selain dijanjikan uang Rp 15 juta, tersangka juga akan diberi uang jalan Rp 3 juta. Namun uang yang dijanjikan tersebut belum diterimanya. ‘’Baru dijanjikan oleh Mandor,’’ imbuh dia. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Polda Babel Tangkap Kurir 31 Kilogram Ganja

Kongres Panama Legalkan Ganja untuk Kepentingan Medis

Polisi Tangkap Warga Tanam Ganja Secara Hidroponik

Unit Anjing Pelacak Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ganja

Musnahkan Narkotika, Bea Cukai Gandeng Aparat Penegak Hukum

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image