Kamis 09 Sep 2021 14:58 WIB

UNJ Gelar Pengembangan Kompetensi Guru SD

Sosialisasi ini untuk mengembangkan kompetensi guru SD dalam penilaian literasi.

UNJ selenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di masa Pandemi COVID-19. Kegiatan ini diketuai oleh Prof. Dr. Zulela, M.Pd.  Kegiatan PPM ini mengambil tema “Socialization of literacies assessment in the covid-19 pandemic era for elementary school teachers in the province of Jakarta in Indonesia”.
Foto: Istimewa
UNJ selenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di masa Pandemi COVID-19. Kegiatan ini diketuai oleh Prof. Dr. Zulela, M.Pd. Kegiatan PPM ini mengambil tema “Socialization of literacies assessment in the covid-19 pandemic era for elementary school teachers in the province of Jakarta in Indonesia”.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- UNJ selenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di masa Pandemi COVID-19. Kegiatan ini diketuai oleh Prof. Dr. Zulela, M.Pd.  Kegiatan PPM ini mengambil tema “Socialization of literacies assessment in the covid-19 pandemic era for elementary school teachers in the province of Jakarta in Indonesia”.

Kegiatan PPM ini dilaksanakan sebanyak tiga kali, yang dilaksanakan dari Mei 2021 hingga September 2021. Kegiatan PPM ini bertujuan untuk pengelolaan penilaian literasi di era Pandemi Covid-19 oleh guru SD di Jakarta belum optimal.

Solusi yang ditawarkan adalah memberikan sosialisasi tentang penilaian literasi yang efektif di era pandemi Covid-19 kepada kelompok guru sekolah dasar untuk mendorong pengembangan kompetensi mereka dalam menghadapi penilaian literasi di era pandemi Covid-19 melalui sosialisasi.

Selain itu, sosialisasi ini juga berguna untuk mengembangkan kompetensi guru SD dalam memberikan penilaian literasi yang efektif di era pandemi Covid-19 tanpa kehadiran fisik baik guru maupun siswa sehingga tetap dapat mencapai kualitas pembelajaran yang optimal melalui penerapan penilaian literasi yang efektif.

Dalam kegiatan PPM ini, UNJ menghadirkan narasumber Emerita Professor Heather Fehring dari RMIT University, Australia melalui tayangan zoom dalam kegiatan PPM.

"Guru SD harus memiliki kompetensi yang optimal terkait dengan pelaksanaan penilaian keaksaraan yang efektif sehingga dapat mendorong tercapainya kualitas pembelajaran yang optimal," kata Ketua Pelaksana PPM, Prof. Dr. Zulela, M.Pd, dalam rilisnya, Kamis (9/9).

Sedangkan menurut Prof. Dr. Ir. Arita Marini, ME yang merupakan anggota PPM berharap kegiatan PPM yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Jakarta dengan skim International Collaboration in Community Services menjadi salah satu kegiatan internasionalisasi UNJ.

"Diharapkan dapat mendukung visi UNJ yang unggul dan bereputasi di Kawasan Asia," kata Prof. Arita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement