Jumat 10 Sep 2021 20:18 WIB

Pemkab Cirebon dan PMI akan Gelar Vaksinasi Drive Thru

Pendaftarannya langsung di lokasi, tidak menerima pendaftaran secara online.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pemkab Cirebon dan PMI akan Gelar Vaksinasi Drive Thru (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika.
Pemkab Cirebon dan PMI akan Gelar Vaksinasi Drive Thru (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Pemkab Cirebon akan mengelar vaksinasi Drive Thru di SOR Watubelah Kecamatan Sumber, pada Selasa (14/9) mendatang. Kegiatan itu terbuka untuk masyarakat umum dan pendaftaran dilakukan langsung di lokasi.

Hal tersebut diungkapan oleh Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana, seusai rapat Koordinasi dengan Bupati Cirebon, Imron, Kadinkes, Eni Suhaeni, dan berbagai pihak lainnya di Pendopo Bupati Cirebon,  Jalan Kartini Kota Cirebon, Jumat (10/9).

Heviyana mengatakan, program vaksinasi Drive Thru itu merupakan rangkaian peringatan HUT-76 PMI. Melalui kegiatan tersebut, pihaknya ikut membantu pemerintah daerah dalam upaya mencapai herd immunity.

Heviyana menjelaskan, dalam kegiatan itu, pihaknya dibantu oleh Lanal Cirebon,  Bank Mandiri , BTN, BNI, BRI, bjb, OJK dan Suzuki Cinta Damai.

‘’Alhamdullilah Lanal Cirebon membantu dengan memberikan vaksin sebanyak 200 bersama tenaga kesehatannya. Dan vaksin sendiri didapat dari rekanan kita seperti bank bjb dan OJK,’’ terang Heviyana.

Heviyana menyebutkan, dalam kegiatan vaksinasi secara Drive Thru, pihaknya menargetkan 9.200 vaksin yang disuntikan kepada masyarakat.

‘’Sebenarnya dibuka untuk warga Kabupaten Cirebon,  tetapi setelah mempertimbangan akhirnya kita buka untuk masyarakat umum. Untuk pendaftarannya langsung di lokasi, tidak menerima pendaftaran secara online,’’ tukas Heviyana.

Heviyana sengaja memilih SOR Watubelah Sumber sebagai lokasi pelaksanaan vaksinasi Drive Thru. Pasalnya, SOR tersebut bisa menampung masyarakat dengan jumlah banyak sehingga tidak menyebabkan kemacetan.

Menurut Heviyana, pihaknya menargetkan kegiatan itu selesai dala waktu satu hari. Namun, jika tidak memungkinkan, maka akan dilaksanakan selama dua hari.

Heviyana menjelaskan, dalam vaksinasi Drive Thru, masyarakat harus menggunakan kendaraan roda empat. Cara itu berbeda dengan vaksinasi yang selama ini biasa dilakukan.

‘’Nanti satu mobil itu hanya tiga orang yang divaksin. Jadi mulai dari pendataan, pengisian formulir,  pengecekan tensi darah, screening dan vaksinasi, warga tidak boleh turun dari mobil. Petugas yang akan mendatangi mobil,’’ terang Heviyana.

Sementara itu, Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni, mendukung  penuh program vaksinasi Drive Thru yang akan dilakukan oleh PMI Kabupaten Cirebon.

‘’Nanti ada enam tim yang akan membantu dalam pelaksanaan vaksinasi Drive Thru. Satu dari Lanal Cirebon dan lima dari Dinkes Kabupaten Cirebon,’’ tandas Eni. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement