Bupati Cianjur: Terjadi Penurunan Kualitas Pendidikan

Red: Muhammad Fakhruddin

Bupati Cianjur: Terjadi Penurunan Kualitas Pendidikan  (ilustrasi).
Bupati Cianjur: Terjadi Penurunan Kualitas Pendidikan (ilustrasi). | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR -- Bupati Cianjur, Jawa BaratHerman Suhermanmenyatakan pihaknya mencatat adanya penurunan kualitas pendidikan selama pandemi COVID-19, terlebih banyak ditemukan siswa kelas 4 SD yang belum dapat membaca, sehingga dinas terkait diperintahkan untuk mengambil langkah cepat."Kondisi siswa yang masih belum bisa membaca menujukkan penurunan kualitas pendidikan, sehingga Dinas Pendidikan ditugaskan untuk mendata siswa yang belum bisa baca dan memberikan 'treatment' khusus," katanya di Cianjur Senin (13/9).

Selama pandemi, kata dia, penurunan kualitas pendidikan terjadi tidak hanya di Cianjur, namun hampir di seluruh Indonesia, sehingga hal tersebut akan menjadi fokus perhatian pemerintah dibantu orang tua, untuk menggenjot kembali kualitas pendidikan.

Hal tersebut, katanya, terjadi karena siswa terlalu banyak belajar secara daring sehingga interaksi siswa dengan guru menjadi kurang maksimal, terlebih pembelajaran "online" hanya berlangsung selama beberapa jam. "Anak terlalu lama belajar daring, ditambah ada kendala fasilitas. Anak juga tidak punya telepon pintar atau kuota internet karena keluarganya tidak mampu. Seperti anak yang saya temui, siswa kelas 4 tapi belum bisa membaca," katanya.

Kondisi itu, kata dia, masih ditambah peran orang tua dalam membimbing anak yang sangat minim saat proses belajar daringjuga menjadi faktor penurunan daya tangkap anak, sehingga berbagai upaya kana dilakukan untuk meningkatkan kembali hal tersebut.

"Saat sidak saya mendapati siswa kelas 4 SD di Cianjur belum bisa membaca. Ini karena proses belajar mengajar yang tidak maksimal, karena terlalu lama belajar daring, kami berharap dengan dibukanya kembali pembelajaran tatap muka dapat meningkatkan kembali kualitas pendidikan," demikianHerman Suherman.

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


MUI Kabupaten Bogor Sampaikan 7 Poin Pembenahan Pendidikan

Potret Dunia Pendidikan di Masa Pandemi

Dewan Pendidikan Makassar: Kualitas Pendidikan Menurun

Sudah Tepatkah BSNP Dibubarkan?

Ombudsman RI Beri Catatan ke Wagub Jabar Terkait PPDB

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image