Israel Tuding Iran Beri Pelatihan Drone ke Milisi Asing

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz.
Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz. | Foto: AP/Abir Sultan/Pool European Pressphoto Agenc

REPUBLIKA.CO.ID, HERZLIYA -- Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz pada Ahad (12/9) menuduh Iran memberikan pelatihan pesawat tak berawak kepada milisi asing di sebuah pangkalan udara dekat kota Isfahan. Tudingan ini muncul setelah Teheran berada di bawah pengawasan global atas dugaan serangan pesawat tak berawak terhadap sebuah kapal tanker yang dikelola Israel.

Benny Gantz mengatakan, Iran menggunakan pangkalan udara Kashan di utara Isfahan untuk melatih operasi teror dari Yaman, Irak, Suriah, dan Lebanon. Teheran melatih mereka menerbangkan kendaraan udara tak berawak (UAV) buatan Iran. "Iran juga mencoba untuk mentransfer pengetahuan yang memungkinkan pembuatan UAV di Jalur Gaza," ujar Gabtz.

Baca Juga

Kantor Gantz menyatakan, sebuah gambar satelit menunjukkan UAV di landasan pacu di Kashan. Namun hingga berita ini diturunkan, Iran tidak memberikan komentar terkait hal tersebut.

Pada 29 Juli kapal tanker minyak Mercer Street milik Jepang yang berbendera Liberia di dekat Teluk, dan menewaskan dua awak yaitu seorang warga Inggris dan seorang warga Rumania.  Kapal tersebut dioperasikan dan dikelola oleh Zodiac Maritime yang berbasis di London, yang dimiliki oleh grup Ofer Global milik Israel Eyal Ofer.

Militer AS mengatakan, para ahli bahan peledak dari kapal induk Ronald Reagan  yang dikerahkan untuk membantu penyelidikan menyimpulkan bahwa, ledakan itu berasal dari pesawat tak berawak yang diproduksi di Iran.  Sementara Iran membantah terlibat dalam serangan itu.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


BPBD Sukabumi Giatkan Pelatihan Teknologi Drone

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image