Cirebon Genjot Vaksinasi di Kalangan Pelajar

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkot Cirebon terus menggenjot vaksinasi Covid-19 untuk warganya, termasuk untuk lansia.
Pemkot Cirebon terus menggenjot vaksinasi Covid-19 untuk warganya, termasuk untuk lansia. | Foto: Dok Diskominfo Kota Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar atau remaja. Saat ini, tim bergerak di wilayah bagian timur.

Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, mengatakan, di wilayah Kabupaten Cirebon bagian timur ada lima titik pelaksanaan vaksinasi. Jumlah pelajar yang menjadi sasaran dalam program tersebut mencapai 4.236 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 955 pelajar mendapatkan vaksin di SMPN Ciledug, 1.175 pelajar di SMPN 2 Ciledug, 960 pelajar di SMPN Pabuaran, 712 pelajar di Pasaleman dan 704 pelajar di SMPN Waled.

‘’Untuk empat titik dilaksanakan pada hari ini. Sementara untuk di SMPN Waled akan dilakukan besok. Tidak bisa dilakukan sekaligus hari ini karena keterbatasan stok vaksin,’’ ujar perempuan yang akrab disapa Ayu itu, di SMPN 1 Ciledug, Kabupaten Cirebon, Rabu (15/9).

Ayu mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tersebut merupakan kerja sama antara Dinas Kesehatan dan Bank BJB Cabang Sumber. Hal itu dilakukan untuk mempercepat pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity).

Ayu menilai, antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 sangat tinggi. Pemerintah daerah, termasuk tenaga kesehatan dan relawan, siap mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Denny Supdiana, menerangkan, pelaksanaan vaksinasi dilakukan lantaran pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sudah berjalan sejak beberapa hari terakhir ini.

Menurut Denny, pelaksanaan vaksinasi di wilayah timur itu dilakukan setelah adanya permintaan dari tenaga kependidikan. Pasalnya, wilayah lain sudah melaksanakannya sejak bulan lalu.

‘’Wilayah barat sudah dilakukan oleh Polri, dan di wilayah tengah dilakukan oleh Kodim. Mudah-mudahan seluruh pelajar yang memenuhi kriteria, bisa mendapatkan vaksin,’’ tandas Denny.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Wapres Minta Pariwisata Utamakan Prokes dan Vaksinasi

Wapres Ungkap Tiga Perubahan Tren Pariwisata Pascapandemi

OJK: Pembayaran Klaim Asuransi Covid-19 Capai Rp 3,74 T

Bioskop Dibuka, Sekda DIY: Tanggung Jawab Pengelola

Bintang Youtube Minecraft Wafat Akibat Komplikasi Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image