Pemkot Tangerang Bangun 18 Turap dan 117 Saluran Drainase

Rep: Eva Rianti / Red: Ratna Puspita

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang membangun saluran drainase untuk mencegah banjir pada musim hujan.
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang membangun saluran drainase untuk mencegah banjir pada musim hujan. | Foto: Dok Pemkot Tangerang

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang membanguan belasan turap dan seraturas saluran drainase di seluruh kecamatan se-Kota Tangerang. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya banjir, seiring dengan bergulirnya musim penghujan.

“Ada 18 turap yang dibangun itu tersebar di 13 kecamatan,” tutur Kepala Bidang Tata Air PUPR Kota Tangerang Mursiman dalam keterangannya, dikutip Jumat (17/9).

Baca Juga

Selain membangun 18 turap, Mursiman mengatakan, Dinas PUPR Tangerang juga membangun 117 saluran drainase se-Kota Tangerang. Upaya itu untuk mempermudah jalannya air dari saluran pemukiman ke saluran yang lebih besar, seperti sungai atau kali.

“Upaya ini kita lakukan agar apa yang menjadi rencana strategis yaitu seluas 45—47 hektare luas banjir pertahunnya dapat berkurang. Sehingga pada 2023, 120 hektare luas banjir dapat berkurang dari 700 hektare tahun 2019,” terangnya.

Untuk membangun fasilitas tersebut, setiap harinya bakal dikerahkan delapan tim yang disebar ke 20 titik lokasi pengerjaan. Tim yang terjun yakni dari Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) PUPR Kota Tangerang.

“Tim ini kita bagi di wilayah timur, barat, dan tengah. Sedangkan untuk tim lainnya itu mobile, mulai dari OP pintu air, tim alat berat, dan tim babatan. Ada juga tim yang selalu stand by 24 jam seperti OP pompa dan rehab turap atau tanggul,” kata Kepala Bidang OP PUPR Kota Tangerang Dody Ardiansyah.  

Dody menuturkan, selain personel yang dikerahkan, pihaknya juga menerjunkan sejumlah alat berat untuk pengerukan dan pembersihan kali atau sungai. "Setiap harinya kami terjunkan sekitar delapan unit alat berat di wilayah barat, timur, dan tengah Kota Tangerang, seperti ultratex, buldoser serta amfibi," lanjutnya.

Seiring dilakukannya upaya pembangunan turap dan saluran drainase, Dody meminta masyarakat turut berpartisipasi. Di antaranya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama di selokan karena dapat menghambat jalannya air dan mengakibatkan genangan atau banjir. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Pemkot Tangerang Bangun 18 Turap dan 117 Saluran Drainase

BPBD Kabupaten Magelang Kaji Risiko Bencana Musim Hujan

Wali Kota Jawab Pandangan Umum Fraksi Terhadap Tiga Raperda

Antisipasi Musim Hujan, BPBD Yogyakarta Uji Coba EWS 

Puncak Musim Hujan di DIY Diperkirakan Januari 2022 

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image