TNI-Polri Kontak Tembak dengan Teroris Papua di Kiwirok

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Kelompok separatis teroris (KST) membakar fasilitas umum di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.
Kelompok separatis teroris (KST) membakar fasilitas umum di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. | Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kontak tembak antara anggota TNI-Polri dan kelompok separatis teroris (KST) kembali terjadi di Distik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua pada Senin (20/9) pagi WIT. Sebelumnya, KST beraksi dengan membakar Puskesmas Kiwirok hingga bank, yang menyebabkan tenaga kesehatan (nakes) tewas.

"Memang betul tadi pagi ada kontak tembak di Kiwirok, namun tidak ada korban jiwa terutama di kalangan anggota TNI-Polri," kata Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Cahyo Sukarnito saat dihubungi dari Kota Jayapura, Senin.

Dia mengatakan kontak tembak yang terjadi itu dengan kelompok Lamek Taplo yang sejak Senin, melakukan baku tembak dan menyerang warga sipil yang bertugas sebagai nakes di Kiwirok. Akibat penyerangan kepada nakes, Gabriela Meilan meninggal dunia setelah terjatuh bersama tiga rekannya kedalam jurang dan dianiaya kawanan KST.

Jenazah Gabriela baru berhasil dievakuasi Jumat (17/9) sore WIT, setelah mendapat bantuan pinjaman peralatan dari SAR Jayapura. Kini jenazah disemayamkan di rumah anggota Koramil Kiwirok.

Cahyo mengakui, saat ini, personel TNI-Polri yang bertugas di Kiwirok relatif cukup banyak setelah ada penambahan dari Brimob. Personel TNI-Polri sudah cukup banyak setelah satu peleton Brimob dan anggota TNI tiba di Kiwirok.

Empat nakes dari sembilan nakes yang menjadi korban penganiayaan KKB saat ini masih dirawat di RS Marthen Indey, Jayapura. Keempat nakes yang masih dirawat, yakni dr Restu Pamanggi, Katrianti Tandila, Emanuel Abi, dan Kristina Sampe Tonapa.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Menteri PPPA Kecam Teroris Serang Nakes dan Guru di Papua

Polri: Pengamanan Nakes di Papua Jadi Perhatian Aparat

PB IDI Kutuk Kekerasan Terhadap Nakes di Distrik Kiwirok

Kesaksian Nakes Korban KKB: Mereka Benar-Benar Brutal

Polri-TNI Klaim Tembak Mati Satu Komandan Teroris KKB

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image