Pemkot Depok Harap Bisa Gunakan TPPAS Lulut Nambo pada 2022

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bayu Hermawan

Warga melintas di Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo (ilustrasi)
Warga melintas di Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo (ilustrasi) | Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memberi sinyal ke Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk dapat membuang sampah ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) di Lulut-Nambo, Kabupaten Bogor, pada awal 2022.

"Sudah dua kali kami diberi janji serupa pada 2019 dan 2020, namun tidak juga terealisasi. Kali ini, Pemprov Jabar kembali memberi sinyal kalau pada awal 2022 sudah bisa membuang sampah di TPPAS Lulut-Nambo. Insya Allah pada Februari 2022," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Ety Suryahati di Kantor DLHK Kota Depok, Senin (20/9).

Baca Juga

Menurut Ety, pihaknya sangat berharap pembuangan sampah ke TPPAS Lulut-Nambo dapat segera terealisasi karena saat ini kondisi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung Depok  semakin memprihatinkan. "Saat ini kondisi TPA Cipayung sudah over load. Sebanyak 1.300 ton sampah setiap harinya ditampung di TPA Cipayung," katanya.

Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok Iyay Gumilar menambahkan, rencananya volume sampah yang akan dibuang ke TPPAS Lulut-Nambo sebanyak 320 ton per harinya dengan biaya tipping fee Rp 137 ribu per ton. 

"Kalau rencana itu jalan, tentu sangat membantu pengurangan volume sampah yang ada di TPA Cipayung. Nantinya, TPA Cipayung akan dijadikan sentra pengolahan sampah. Sisa sampah yang ada di TPA Cipayung akan diolah menjadi pupuk," ucapnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Pemkot Depok Lanjutkan Gebyar Vaksinasi Tahap Empat

Jabar Ekspor 8.037 Ton Ubi Jalar ke Singapura

Sudah 18 Juta Dosis Vaksin Disuntikkan ke Warga Jabar

Pemkot Launching Kartu Depok Sejahtera

Depok Bangun RSUD Wilayah Timur Tahap Kedua

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image