Kamis 23 Sep 2021 13:37 WIB

Kali Licin Meluap, Genangi Sejumlah Akses Jalan di Depok

Air cukup deras mengalir ke Jalan Raya Sawangan dan Jalan Pramuka Mampang, Kota Depok

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah kendaraan melintasi banjir di Kawasan Perempatan Mampang, Depok, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021). Warga setempat mengatakan banjir tersebut sering terjadi akibat sampah yang menumpuk seperti kasur, styrofoam, kayu, dan bambu di kali licin kolong jembatan jalan perempatan Mampang Depok.
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah kendaraan melintasi banjir di Kawasan Perempatan Mampang, Depok, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021). Warga setempat mengatakan banjir tersebut sering terjadi akibat sampah yang menumpuk seperti kasur, styrofoam, kayu, dan bambu di kali licin kolong jembatan jalan perempatan Mampang Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Hujan yang terjadi di Bogor, Kamis (23/9) sejak dini hari pukul 04.00 WIB, membuat Kali Licin di perempatan Mampang Depok meluap. Akibatnya air cukup deras mengalir ke Jalan Raya Sawangan dan Jalan Pramuka Mampang, Kota Depok, Kamis (23/9) sejak pukul 06.00 WIB. 

Kedua jalan tersebut berubah menjadi aliran sungai dengan rata-rata ketinggian air mencapai 10 centimeter dengan air mengalir cukup kencang. "Meluap ke jalan sejak pagi tadi, jam 06.00 WIB hingga jam 10.00 WIB," ujar Luki, seorang warga di perempatan Mampang Depok, Kamis (23/9).

Baca Juga

Menurut Luki, air yang meluap dengan aliran air yang cukup kencang membuat Jalan Sawangan dan Jalan Pramuka macet total dan beberapa pengendara sepeda motor tergelincir saat melintas tanjakan di perempatan Mampang dekat Masjid Istiqomah. 

"Saat ini arus lalulintas sudah mulai bergerak jalan. Sebagian warga ikut membantu mengatur lalu lintas. Tidak tampak petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok," terangnya.

Seorang warga lainnya, Anton menambahkan, saat ini juga terlihat sampah berserakan di Jalan Sawangan dan Jalan Pramuka Mampang. "Sampah berserakan, jalan juga licin karena masih sedikit tergenang air. Serakan sampah saat ini sedang dibersihkan dan diangkut petugas Satgas Banjir Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok," tuturnya.

Dinas PUPR) Kota Depok mengerahkan dua regu petugas Satgas Banjir yang dibantu satu regu dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok untuk membersihkan sampah dan satu batang kayu besar. Sampah dan batang pohon itu menyumbat aliran air sehingga air Kali Licin meluap.

"Kami sudah kerahkan dua regu Satgas Banjir dibantu satu regu dari Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok untuk mengangkut sampah dan satu batang pohon besar yang menyumbat aliran air di Kali Licin. Banyak sampah yang menyumbat aliran air karena tersangkut di bangunan jembatan milik warga yang banyak berdiri diatas Kali Licin di sepanjang Jalan Pramuka," jelas Plt Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (23/9).

Untuk itu, lanjut Indah, pihaknya mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan dan warga juga harus aktif membersihkan sampah yang tersangkut di bangunan jembatan. "Jangan buang sampah ke kali. Warga juga harus aktif membersihkan sampah yang tersangkut di aliran kali di bangunan jembatan yang ada," tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement