Pemkot Bandung Ajak UMKM Manfaatkan Platform Digital

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fuji Pratiwi

Batagor Khas Bandung (ilustras). Pemkot Bandung mengajak UMKM Bandung memanfaatkan platform digital.
Batagor Khas Bandung (ilustras). Pemkot Bandung mengajak UMKM Bandung memanfaatkan platform digital. | Foto: wikimedia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menyambut HUT ke-211 Kota Bandung, Jawa Barat, Tokopedia dan Pemerintah Kota Bandung mengajak lebih banyak lagi UMKM Bandung di bidang makanan dan minuman untuk beradaptasi dengan teknologi guna mengembangkan usahanya. Contohnya, melalui platform digital seperti Tokopedia dan kampanye Tokopedia Nyam Bandung.

Menurut Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, sangat penting untuk UMKM Bandung dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam berbisnis. Misalnya melalui pemanfaatan platform digital seperti Tokopedia. 

Baca Juga

"Harapan kami ke depannya lebih banyak lagi kolaborasi dan inisiatif seperti Tokopedia Nyam agar UMKM lokal dapat meraja di negeri sendiri," kata Yana, Kamis (23/9).

Tokopedia Nyam dan sederet inisiatif lainnya telah mendorong kenaikan transaksi pada kategori makanan dan minuman di Tokopedia. Peningkatan transaksi yang signifikan juga dialami oleh Daging Sapi Diasapin, pegiat usaha lokal asal Bandung yang didirikan oleh Bagja Putra.

Pemilik Daging Sapi Diasapin, Bagja Putra, mengungkapkan, sejak mengikuti kampanye Tokopedia Nyam Bandung, penjualannya meningkat hingga puluhan persen. "Kami pun memanfaatkan beragam fitur dan promo seperti Bebas Ongkir, Flash Sale, Bundling dan menjadi Official Store sehingga pelanggan toko kami semakin meluas ke wilayah Manado, Makassar hingga Bangka Belitung," kata Bagja.

Bagja mengatakan, Tokopedia Nyam juga membantu usahanya dalam menjangkau lebih banyak pembeli baru yang tertarik untuk mulai mencoba produk daging asapnya. "Saat ini produk kami juga telah berhasil menjual hingga ratusan produk per bulannya melalui Tokopedia," kata Bagja.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Camilan Khas Bandung Paling Banyak Diburu di Tokopedia

UMKM Butuh Teknologi dan Proteksi Jiwa

Erick Thohir: Holding Ultramikro Jalan Kemudahan Bagi UMKM

Pemkab Kuningan Ingin UMKM Naik Kelas

Kemenkop UKM Dukung Ekspor Impor Produk UKM Kuningan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image