Jumat 24 Sep 2021 06:20 WIB

Wali Kota Depok Sampaikan Lima Kunci Sukses Pernikahan

Program Sekolah Pranikah di Kota Depok mampu menurunkan angka perceraian.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Depok, Mohammad Idris.
Foto: Istimewa
Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok, Mohammad Idris memberikan motivasi kepada peserta Sekolah Pranikah 2021 tentang Kunci Asmara atau Asakinah, Mawaddah, Wa Rahmah. Menurut dia, terdapat lima kunci sukses dalam mempersiapkan pernikahan.

"Kunci asmara dalam konteks pra nikah biasa disebut juga penta asmara. Artinya laki-laki dan perempuan sebelum menikah harus mengerti beberapa hal dalam penta asmara," ujar Idris saat membuka Sekolah Pra Nikah di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II, Balai Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (23/9).

Idris menyebut, pertama, pemahaman tentang artinya pernikahan. Kedua, niat dan motivasi. Ketiga, tekad atau keinginan kuat. Keempat, perencanaan ketika menjalin rumah tangga harus seperti apa, ada tujuan yang akan dicapai. "Lalu, merealisasikan semuanya dalam rumah tangga," terang alumnus Ponpes Gontor tersebut.

Menurut Idris, dalam menjalani rumah tangga, membutuhkan tiga poin penting. Di antaranya, perjuangan untuk mencapai visi misi yang telah ditetapkan berdua, pengorbanan dari segi waktu, keuangan, hingga perasaan, serta keteguhan hati untuk tetap menjalankan amanah dalam rumah tangga.

"Kunci asmara dalam konteks prapernikahan ini sangat bernilai strategis, sebagai salah satu solusi yang harus dipraktekkan dalam rumah tangga," kata Idris.

Dia menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengadakan program Sekolah Pranikah sangat besar kontribusinya untuk pembangunan di Kota Depok, Jawa Barat. Salah satunya menurunkan angka perceraian dari tahun ke tahun.

"Pada kurun waktu 2019 terjadi 3.600 perceraian, lalu turun pada 2020 menjadi 3.200. Artinya, ada penurunan 400 perceraian dalam satu tahun, dan ini sangat baik," ucap Idris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement