Senin 27 Sep 2021 13:28 WIB

Kali Bekasi Berbusa dan Berbau Menyengat

Selain berbusa, tercium bau yang menyengat saat melintasi kali tersebut.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Andi Nur Aminah
Aliran Kali Bekasi di Jalan Mayor M. Hasibuan, Bekasi Timur, Kota Bekasi dipenuhi busa dan berbau menyengat. Senin (27/9).
Foto: Republika/Uji Sukma Medianti
Aliran Kali Bekasi di Jalan Mayor M. Hasibuan, Bekasi Timur, Kota Bekasi dipenuhi busa dan berbau menyengat. Senin (27/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kali Bekasi yang melewati Jalan Mayor M Hasihuan, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi dipenuhi dengan busa putih pada Senin (27/9). Selain berbusa, tercium bau yang menyengat saat melintasi kali tersebut.

Pantauan Republika.co.id di lokasi, buih-buih yang membentuk gumpalan busa itu terbentuk dari air yang terjun dari bendung Bekasi. Kemudian, busa itu terbawa arus menuju hilir.

Baca Juga

Seorang warga setempat bernama Andika menyebut busa sudah mulai muncul ke permukaan air sejak malam. "Sejak semalam, cuma baru keliatan tebal gini pas pagi-paginya sampai siang ini," ujar Andika, saat ditemui.

Fenomena Kali Bekasi yang berbusa itu diduga akibat pencemaran limbah pabrik. Kejadian kali yang berbusa tak hanya satu kali ini terjadi. Hampir setiap tahunnya, kali Bekasi mengalami kejadian seperti ini.

 

"Dari pabrik biasanya kalau kayak gini, cuma hampir setiap tahun pasti muncul busa begini atau bau tidak sedap," terangnya.

Adapun, bau menyengat yang ditimbulkan dari kali ketika sedang berbusa tak ayal membuat pengendara yang melintas terganggu. Apalagi, diketahui Kali Bekasi juga menjadi sumber air baku untuk perusahaan air minum daerah di Kota dan Kabupaten Bekasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement