Kali Bekasi Berbusa dan Berbau Menyengat

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Andi Nur Aminah

Aliran Kali Bekasi di Jalan Mayor M. Hasibuan, Bekasi Timur, Kota Bekasi dipenuhi busa dan berbau menyengat. Senin (27/9).
Aliran Kali Bekasi di Jalan Mayor M. Hasibuan, Bekasi Timur, Kota Bekasi dipenuhi busa dan berbau menyengat. Senin (27/9). | Foto: Republika/Uji Sukma Medianti

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kali Bekasi yang melewati Jalan Mayor M Hasihuan, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi dipenuhi dengan busa putih pada Senin (27/9). Selain berbusa, tercium bau yang menyengat saat melintasi kali tersebut.

Pantauan Republika.co.id di lokasi, buih-buih yang membentuk gumpalan busa itu terbentuk dari air yang terjun dari bendung Bekasi. Kemudian, busa itu terbawa arus menuju hilir.

Baca Juga

Seorang warga setempat bernama Andika menyebut busa sudah mulai muncul ke permukaan air sejak malam. "Sejak semalam, cuma baru keliatan tebal gini pas pagi-paginya sampai siang ini," ujar Andika, saat ditemui.

Fenomena Kali Bekasi yang berbusa itu diduga akibat pencemaran limbah pabrik. Kejadian kali yang berbusa tak hanya satu kali ini terjadi. Hampir setiap tahunnya, kali Bekasi mengalami kejadian seperti ini.

"Dari pabrik biasanya kalau kayak gini, cuma hampir setiap tahun pasti muncul busa begini atau bau tidak sedap," terangnya.

Adapun, bau menyengat yang ditimbulkan dari kali ketika sedang berbusa tak ayal membuat pengendara yang melintas terganggu. Apalagi, diketahui Kali Bekasi juga menjadi sumber air baku untuk perusahaan air minum daerah di Kota dan Kabupaten Bekasi.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Bau Menyengat dan Busa Mengambang di Kali Bekasi

Bengawan Solo Tercemar, Gubernur Diminta Lebih Tegas

Ganjar Iming-imingi Hadiah Penemu Pencemaran Bengawan Solo

Air Sungai Baliem tidak Layak Konsumsi

Teknologi Aero Microbubble Kurangi Pencemaran Sungai

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image