Selasa 28 Sep 2021 14:01 WIB

Curah Hujan Meningkat, Bupati Garut Ingatkan Potensi Bencana

Saat ini curah hujan di Kabupaten Garut mulai mengalami peningkatan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani
Bupati Garut, Rudy Gunawan
Foto: Diskominfo Garut.
Bupati Garut, Rudy Gunawan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Bupati Garut, Rudy Gunawan, meminta seluruh jajarannya siaga menghadapi potensi kejadian bencana. Sebab, menurut saat dia, saat ini curah hujan di Kabupaten Garut mulai mengalami peningkatan.

Rudy menginstruksikan kepada dinas terkait untuk bersiap apabila sewaktu-waktu terjadi bencana hidrometeorologi di Kabupaten Garut. Ia juga meminta kepada dinas terkait agar memprioritaskan hal-hal yang berhubungan dengan kebencanaan dalam tiga bulan ke depan.

“Saya mohon ini terutama kepada asisten 1 dan juga jajaran BPBD, dinas teknis, siagakan alat berat di workshop yang tidak boleh digunakan. Itu untuk jaga-jaga bilamana ada bencana," kata dia

Ia juga meminta para camat untuk melakukan sosialisasi kepala desa agar selalu waspada. Para camat juga diminta untuk melakukan mitigasi bencana yang berpotensi terjadi di wilayahnya masing-masing.

Menurut Rudy, bencana hidrometeorologi sangat mungkin terjadi di Garut. Ia menyebutkan, bencana hidrometeorologi di Kabupaten Garut bisa berupa bencana banjir, longsor, pergerakan tanah, dan angin puting beliung. Karenanya, ia mengimbau masyarakat bisa segera mengungsi jika terjadi bencana.

“Saya sudah melihat datanya bahwa setiap tahun ada yang meninggal karena tersambar petir, mungkin cuacanya tiba-tiba buruk, atau sebagainya. Ini diingatkan bagi mereka yang sedang berwisata ke Gunung, bagi saudara-saudara kita yang berada untuk melaut. Saya mohon ini juga disosialisasikan oleh para camat," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement