Selasa 05 Oct 2021 22:55 WIB

1.500 Warga Kaki Gunung Ciremai Ikuti Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi massal itu dilaksanakan di Bumi Perkemahan (Buper) Palutungan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
1.500 Warga Kaki Gunung Ciremai Ikuti Vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
1.500 Warga Kaki Gunung Ciremai Ikuti Vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KUNINGAN -- Sebanyak 1.500 warga yang tinggal di wilayah kaki Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, mengikuti vaksinasi Covid-19 secara massal, Selasa (5/10). Kegiatan itu diharapkan mampu membangkitkan kembali pariwisata alam di kaki gunung tersebut.

Kegiatan vaksinasi massal itu dilaksanakan di Bumi Perkemahan (Buper) Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Kegiatan yang bertema “Vaksin Gunung” tersebut diprakarsai komunitas Mandala Wangi Bergerak.

Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda, menyampaikan apresiasinya atas digelarnya vaksinasi bagi warga di kaki Gunung Ciremai. Dia berharap, kegiatan tersebut dapat mendorong pemulihan sektor ekonomi dan pariwisata di wilayah sekitar.

Ridho menilai, dengan adanya program vaksinasi untuk masyarakat di kaki gunung, maka akan bisa membantu memenuhi kekebalan kelompok di wilayah tersebut.

 

‘’Masyarakat kaki gunung merupakan ujung tombak dari pariwisata alam pegunungan,’’ kata Ridho.

Bila kondisi di wilayah sekitar kaki Gunung Ciremai sudah aman, lanjut Ridho, maka kegiatan sektor pariwisata alam bisa kembali berjalan. Hal itu akan berdampak positif pada kegiatan perekonomian masyarakat.

Meski demikian, Ridho pun mengingatkan para peserta vaksin untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Pasalnya, vaksinasi tidak menjamin 100 persen masyarakat bisa terlindung dari ancaman Covid-19.

‘’Ingat, vaksin bukan untuk mengobati, tapi untuk mencegah. Tetap jalankan prokes meski sudah divaksin. Disiplin menjalankan prokes merupakan cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,’’ tegas Ridho.

Sementara itu, Ketua Mandalawangi Bergerak, Rahmi Hidayati, mengatakan, saat ini pihaknya tengah menjalankan progam Vaksinasi Covid-19 dengan menyasar masyarakat yang berada di wilayah kaki gunung. Untuk Kabupaten Kuningan, yang menjadi sasaran adalah masyarakat di wilayah kaki Gunung Ciremai dan sekitarnya.

‘’Kami targetkan 1.500 peserta. Dan kami menympaikan terima kasih kepada perangkat Desa Cisantana yang telah membantu pendataan peserta vaksin maupun aktivis Akar Kuningan,’’ tandas Rahmi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement