Rabu 06 Oct 2021 19:53 WIB

Polresta Cirebon Gelar Vaksinasi di Desa Penyelenggara Pilwu

Vaksinasi dapat mempercepat pembentukan herd immunity masyarakat Kabupaten Cirebon.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Polresta Cirebon Gelar Vaksinasi di Desa Penyelenggara Pilwu (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Polresta Cirebon Gelar Vaksinasi di Desa Penyelenggara Pilwu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Polresta Cirebon menggelar vaksinasi Covid-19 di Desa Lungbenda, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Rabu (6/10). Desa tersebut merupakan salah satu desa yang akan menggelar pemilihan kuwu/kepala desa (pilwu) serentak.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, menyebutkan, sasaran vaksinasi kali ini mencapai 500 orang. Selain masyarakat umum, vaksinasi juga diprioritaskan untuk kalangan lansia. ‘’Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias,’’ kata Arif, saat meninjau langsung vaksinasi di Desa Lungbenda.

Arif mengatakan, pihaknya sengaja memilih desa tersebut sebagai lokasi vaksinasi dalam rangka menjelang pesta demokrasi tingkat desa. Selain itu, hal tersebut menjadi terobosan Polresta Cirebon untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di desa yang menggelar pilwu.

Melalui vaksinasi tersebut, diharapkan membuat kekebalan kelompok di tengah masyarakat jadi terbentuk. Sehingga gelaran pilwu serentak tidak berimbas pada peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

Arif pun berharap, kegiatan vaksinasi dapat mempercepat pembentukan herd immunity masyarakat Kabupaten Cirebon. Dengan demikian, pandemi Covid-19 yang hingga kini masih melanda, segera berakhir.

Namun, Arif pun berpesan kepada seluruh warga Desa Lungbenda yang telah divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, vaksinasi bukan jaminan seseorang kebal dari Covid-19 sehingga mereka masih mempunyai kemungkinkan terpapar.

‘’Kami mengimbau agar protokol kesehatan selalu diterapkan setiap saat, bahkan jika perlu diperketat lagi. Dari mulai memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,’’ tukas Arif.

Sementara itu, selain Desa Lung Benda, ada ratusan desa lainnya yang akan menggelar pilwu. Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, ada 135 desa yang akan menggelar pilwu secara serentak. Semua desa yang menggelar pilwu itu tersebar di 38 kecamatan di Kabupaten Cirebon. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement