Puluhan Warga Diduga Alami Gejala Keracunan Makanan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Puluhan Warga Diduga Alami Gejala Keracunan Makanan (ilustrasi).
Puluhan Warga Diduga Alami Gejala Keracunan Makanan (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU -- Sedikitnya 20 orang warga di dua desa wilayah Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, diduga mengalami gejala keracunan makanan, Senin (11/10) malam. Peristiwa itu terjadi usai mereka menyantap makanan tahlil yang diberikan oleh tetangga mereka.

Para korban itu merupakan warga Desa Singaraja dan Desa Singajaya. Mereka mengalami gejala keracunan usai menyantap makanan tahlil yang berisi nasi, telur, oseng soun dan makanan lainnya.

‘’Setelah menyantap makanan dari tahlil, mereka mengalami pusing, mual, lemas dan buang air besar terus menerus,’’ ujar Kepala Desa Singajaya, Habiburahman.

Habiburahman mengatakan, warganya yang mengalami kondisi itu ada sepuluh orang. Berdasarkan informasi yang diterimanya dari perangkat Desa Singaraja, kondisi serupa juga dialami oleh sekitar sepuluh warga Desa Singaraja.

‘’Jadi totalnya sekitar 20 orang,’’ kata Habiburahman.

Habiburahman mengatakan, dari sepuluh orang warganya yang diduga mengalami gejala keracunan tersebut, hanya sebagian yang dilarikan ke RSUD Indramayu. Sedangkan sisanya hanya menjalani perawatan di rumah.

Sementara itu, Kasubag Rekam Medis Hukum dan Humas RSUD Indramayu, Rina Yuniawati, menyebutkan, korban yang dibawa ke RSUD Indramayu ada empat orang.

‘’Semalam yang dibawa ke RSUD Indramayu ada empat orang. Terdiri dari dewasa  satu orang dan anak-anak tiga orang. Untuk yang anak-anak, umurnya sembilan tahun, 15 tahun dan 17 tahun,’’ terang Rina, Selasa (12/10).

Namun, lanjut Rina, pada pagi ini seluruh korban sudah diperbolehkan pulang. Kondisi mereka sudah membaik.

‘’Advis dari dokter jaga suruh dirawat, tapi mereka menolak. Jadi hanya diobservasi dan terapi saja. Pagi ini sudah pulang,’’ tandas Rina. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Puluhan Siswa di Tulungagung Keracunan Katering Sekolah

Seratusan Warga Takalar Sulsel Keracunan, Satu Meninggal

Makanan yang Jadi Sumber Keracunan Terbanyak di Amerika

Kasus Keracunan Massal, Polres Karawang Periksa 13 Orang

Pemkab Tangani Optimal Kasus Keracunan Makanan di Sukabumi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image