Kota Sukabumi Segera Bangun Patok Titik Nol Kilometer

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

| Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi tengah membangun patok titik nol kilometer di sekitar Toko Aloha di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi. Kegiatan ini bersamaan dengan pembangunan kawasan Pedestrian Jalan Ahmad Yani.

Lokasi titik Nol Kilometer ini menentukan dimulainya penghitungan jarak Sukabumi dengan daerah lain. " Pembangunan patok nol kilometer bersamaan dengan pengerjaan proyek jalur pedestarian Jalan Ahmad Yani yang ditargetkan rampung pada Desember 2021 ini," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Selasa (12/10).

Lokasi tepatnya berada di Aloha, samping pusat perbelanjaaan Citimall. Fahmi menerangkan, sebelumnya ada perbedaan pendapat tentang keberadaan titik nol kilometer Sukabumi ini.
 
Sebelumnya, ada yang mengatakan di Aloha, depan Kantor Dinas Pengerjaan Umum Provinsi Jawa Barat dan di Pendopo Sukabumi. Namun setelah dilakukan kajian dari data dan fakta yang ada dan yang paling kuat itu di Aloha.

" Sehingga bersepakat titik nol kilometer ditetapkan di Aloha yang dulu, ini berdasarkan saksi para sesepuh ada paneng yang mengatakan di sanalah titik nol kilometer," kata Fahmi. Ia berharap dibangunnya patok atau kawasan nol kilometer tersebut mampu menjadi bukti sejarah untuk generasi mendatang dan membawa semangat untuk terus melakukan perbaikan.

Termasuk menjadi wisata sejarah dan pengembangan ekonomi sekitar." Intinya desain titik nol kilometer akan dibangun di sekitar Toko Aloha di dengan simpang tiga Jalan PGRI/Balai Desa di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi," kata Fahmi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Wali Kota Sukabumi Gencar Promo UMKM Lewat Medsos

Pemkot Sukabumi Ultimatum Pengembang Selesaikan Pasar Pelita

Pelanggar PPKM di Sukabumi Bisa Dijerat Berbagai Sanksi

Tahun ini, 610 Rumah tak Layak Huni di Sukabumi Diperbaiki

Vaksinasi Covid-19 di Sukabumi Kini Berbasis Wilayah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image