Vaksinasi Kota Sukabumi Masuk Lima Besar Tertinggi di Jabar

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi berdialog dengan warga dalam gerakan vaksinasi berbasis RW di Kecamatan Cibeureum, Ahad (10/10).
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi berdialog dengan warga dalam gerakan vaksinasi berbasis RW di Kecamatan Cibeureum, Ahad (10/10). | Foto: Republika/Riga Nurul Iman

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Cakupan vaksinasi Covid-19 Kota Sukabumi menempati peringkat tertinggi ke lima di Jawa Barat. Hal ini didasarkan pada data dasboard Kementerian Kesehatan (Kamenkes) per 11 Oktober 2021.

Di mana data tersebut berasal dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/KPC PEN. '' Cakupan vaksinasi Kota Sukabumi untuk dosis kesatu mencapai 78.22 persen,'' ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati, Rabu (13/10).

Capaian ini menempatkan Kota Sukabumi sebagai daerah dengan cakupan vaksinasi tertinggi ke lima di Jabar. Rincian peringkat cakupan vaksinasi di Jabar yakni Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kota Citebon, dan Kota Sukabumi.

Sementara dosis kedua di Kota Sukabumi mencapai 37,90 persen. Peringkat dosis kedua di Jabar yakni Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Banjar, dan Kota Sukabumi.

"Upaya percepatan vaksinasi ke depan akan terus digencarkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," tambah Lulis. Di antaranya warga harus selalu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Petugas di lokasi vaksinasi juga kata Lulis, secara rutin mengingatkan warga akan pentingnya protokol kesehatan. Sebab hal ini efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menambahkan, upaya akselerasi vaksinasi saat ini digelar berbasis RW. '' Vaksinasi berbasis RW ini mendekatkan lokasi kepada warga,'' cetus dia.

Sehingga kata Fahmi, warga tidak perlu jauh-jauh untuk menjangkau lokasi vaksinasi. Sebelumnya vaksinasi dipusatkan di sejumlah tempat seperti Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Ke depan ungkap Fahmi, harapannya vaksinasi terus dimaksimalkan lagi dan hasil evaluasi dijadikan masukan untuk perbaikan kegiatan vaksin. Sehingga dengan makin banyaknya warga tervaksin akan membentuk herd immunity di tengah masyarakat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Mahasiswa Internasional UMS Mulai Divaksin

Vaksinasi Covid-19 Kota Malang Capai 97,92 Persen

Vaksinasi Parekraf di DIY Terus Digencarkan

58,4 Juta Warga Indonesia Sudah Divaksinasi Lengkap

Pengalaman Pahit Buat Mason Mount Bersedia Divaksin

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image