Rabu 13 Oct 2021 21:58 WIB

Sukabumi Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama

Proses mendapatkan APE kategori utama bukan hal yang mudah.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sukabumi Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Sukabumi Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diumumkan secara virtual, Rabu (13/10). Momen ini menunjukkan Pemkot Sukabumi berkomitmen kuat dalam pengarusutamaan gender di semua sektor.

Penghargaan tersebut diberikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga dan dihadiri pula Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. ''Alhamdulillah Kota Sukabumi meraih Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020,'' ujar Asisten Daerah Bidang Administrasi Setda Kota Sukabumi Iskandar.

Capaian ini menjadi motivasi ke depan agar lebih baik dalam pengarusutamaan gender yang memang sedang digalakan. Proses mendapatkan APE kategori utama bukan hal yang mudah.

Iskandar mengatakan, pencapaian ini menggambarkan suatu proses pengarustaman gender yang berjalan baik dan semakin hari semakin membaik. Khususnya memberikan kemaslahatan, kebahagiaan, dan kesejahteaan warga kota Sukabumi.

Capaian APE kategori utama ini merupakan yang ke 4 kalinya di raih Kota Sukabumi. '' Insya Allah tekad seluruh kompenen bisa kategori Mentor atau yang tertinggi pada tahun mendatang,'' kata Iskandar. Diraihnya APE ini karena peran wanita memang nampak di semua bidang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (Dalduk, KB, P3A, dan PM) Kota Sukabumi Nuraeni Komarudin menambahkan, mendapatkan penghargaan bukan tujuan utama melainkan sebuah hasil dari kerja bersama wujud koloborasi. Penghargaan ini sudah 4 kali dan selalu berusaha untuk lebih baik.

Nuraeni mengatakan, indikator diperoleh penghargaan karena memberikan kesempatan yang sama berbagai sisi kepada kaum perempuan. Didukung semua sektor memberikan peluang yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement