Koneksi Internet di Pangandaran akan Diperbaiki

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Dwi Murdaningsih

Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Selasari di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Rabu (13/10). Desa Selasari terpilih menjadi 50 desa wisata terbaik 2021 se-Indonesia.
| Foto: Republika/Bayu Adji P.

Ia menambahkan, koneksi internet dinilai sangat penting untuk promosi potensi yang ada di Desa Selasari. Sebab, popularitas desa wisata umumnya didapat dari konten-konten yang tersebar di media sosial. 
 
"Namun kalau akses internet di sini kurang bagus, sulit untuk mempromosikannya," ujar dia.
 
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian, Kabupaten Pangandaran, Jaja Nurulhuda mengatakan, pihaknya sudah bersurat ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk meminta penyediaan internet melalui program Universal Service Obligation (USO) sejak 2019. Namun, fokus pemerintah pusat ketika itu masih untuk wilayah Indonesia bagian Timur.
 
"Namun pembangunan itu oleh swasta, bukan oleh pemerintah. Berbeda dengan infrasktruktur. Kita hanya melakukan kerja sama dan mendorong swasta untuk membangun," kata dia saat dihubungi Republika, Kamis (14/10).
 
Saat ini, pihaknya terus mendorong pihak swasta atau badan usaha untuk membangun koneksi internet di wilayah Pangandaran. Harapannya, seluruh wilayah di Kabupaten Pangandaran dapat jaringan koneksi internet.
 
Jaja mengungkapkan, seluruh desa di Pangandaran sebenarnya sudah dapat mengakses internet. Namun beberapa wilayah di desa-desa itu masih ada yang belum terjangkau (blank spot). "Mungkin karena konturnya terlalu tinggi, lebih tinggi dari menara, atau terlalu jauh dari menara. Jadi masih ada yang blank spot," kata dia.
 
 

Jaja berharap, koneksi internet dapat merata di seluruh wilayah Pangandaran. Sebab, desa-desa di Pangandaran memiliki potensi, terutama sebagai desa wisata.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Sandiaga Ingin Desa Cikakak Jadi Destinasi Kelas Dunia

Daerah Diberikan Diskresi Aktivitas Anak di Tempat Wisata

Kemenparekraf Beri Rp 75 Miliar Dukung Kemajuan Film

Mengintip Potensi Wisata di Desa Selasari Pangandaran

Persi Apresiasi Upaya Pemkab Pangandaran Tangani Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image