Besok, Relawan Deklarasikan Anies sebagai Capres 2024

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ilham Tirta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. | Foto: Dok Pemprov DKI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIS), La Ode Basir mengatakan, pihaknya akan melakukan deklarasi Anies Rasyid Baswedan sebagai Capres 2024 pada Rabu (20/10), besok. Menurutnya, partisipan telah banyak terkumpul dari banyak wilayah, walaupun diakuinya hanya ada 30-an relawan yang akan hadir.

Dikatakan dia, alasan mendukung Anies karena dipandang berhasil dalam memimpin DKI Jakarta. "Contohnya penataan kota yang lebih rapih, instrumen jelas dibuktikan dengan penghargaan dari lembaga kredibel," jelas La Ode di Jakarta, Selasa (19/10).

Dia menambahkan, berbagai penghargaan itu muncul saat Anies diklaimnya berhasil menata integrasi transportasi, penataan jalan, pembangunan sarana hingga infrastruktur. Dengan dasar tersebut, Anies dianggap para relawan layak memimpin Indonesia.

"23 janji kampanye Anies kan kelihatan, ada yang sudah dikerjakan, ada yang sedang berjalan," tuturnya.

Setelah deklarasi berjalan, kata La Ode, jaringan yang telah terbentuk akan dilanjutkan dengan menata instrumen dan dorongan lainnya. Sehingga ke depan, relawan ini akan menjadi media dan wadah Anies untuk keliling Indonesia.

"Itu tentu kita akan memperkuat jaringan basis massa seluruh wilayah Indonesia, dari kota sampai pedesaan," tuturnya.

Dia memerinci, aliansi hingga kini sudah ada di 34 provinsi. Namun demikian, perlu mengutamakan penguatan karena pembentukan relawan disebutnya baru dimulai pada 2018.

Para relawan saat ini, dinilainya merupakan aktivis politik dari banyak wilayah dan organisasi kemasyarakatan. Ditanya apakah para relawan sudah mendukung Anies pada Pilgub 2017 silam, La Ode membenarkannya.

Namun demikian, setahun berselang saat 2018, pihaknya mengaku mulai mendorong Anies untuk menjadi calon presiden di pemilu 2019. "Tapi satu dan lain hal teman-teman wartawan pasti lebih tahu soal etika Anies, komitmen Anies untuk lebih konsen di Jakarta. Kan gubernur sebelumnya pak Jokowi hanya satu tahun. Kalau itu diulangi pak Anies kan itu preseden yang tidak bagus," kata dia.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Anies: Landainya Kasus Covid-19 DKI Peran Jutaan Orang

Anies Dorong Masjid untuk Lakukan Vaksinasi Covid-19

Formula E Jadi Pertaruhan Anies

Anies Apresiasi Pengurus IGTKI-PGRI DKI Jakarta

Survei DKI: Dokter dan Pakar Paling Dipercaya Soal Covid

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image